Peranan PT Pegadaian (Persero) dalam Meningkatkan Pelayanan Pinjaman Dana Kepada Masyarakat (Studi pada Kantor Cabang Simpang Limun Medan)
View/ Open
Date
2013Author
Panggabean, Jaka Ade Putra
Advisor(s)
Thamrin, Muhammad Husni
Metadata
Show full item recordAbstract
PT Pegadaian (Persero) adalah sebuah Perusahan yang bergerak di bidang
jasa keuangan dengan menyalurkan pinjaman kepada masyarakat atas dasar
hukum gadai. Perusahaan ini berperan dalam membantu masyarakat yang
membutuhkan dana yang mendesak dan berusaha menghindarkan masyarakat dari
lembaga-lembaga peminjaman yang merugikan dengan memberikan bunga yang
melampaui batas kewajaran. Seiring perkembangan kebutuhan masyarakat yang
semakin kompleks maka perusahaan juga berupaya menciptakan inovasi-inovasi
baru untuk membantu masyarakat dan juga dalam rangka mengoptimalkan
sumberdaya yang dimiliki. Perusahaan milik BUMN ini selain melaksanakan
tugas pelayanan publik diharapkan juga dapat menghasilkan keuntungan dari
produk yang dihasilkannya agar perusahaan dapat terus berkembang sesuai
dengan perannya.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor PT Pegadaian (Persero) Cabang
Simpang Limun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana
peranan PT Pegadaian (Persero) dalam meningkatkan pelayanan pinjaman dana
kepada masyarakat melalui produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan, serta
untuk mengetahui upaya dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan
operasional terkusus pada kantor cabang Simpang Limun Medan. Bentuk
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif
dengan analisis data kualitatif dengan memusatkan perhatian pada masalah masalah atau fenomena yang bersifat aktual pada saat penelitian dilakukan,
kemudian menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diselidiki
sebagaimana adanya diiringi dengan interpretasi yang rasional dan akurat.
Hasil penelitian ini menunjukkan peranan PT Pegadaian (Persero) dalam
meningkatkan pelayanan pinjaman dana bagi masyarakat sudah dapat dikatakan baik dilihat dari standarisasi pelayanan publik yang dikeluarkan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 36 tahun 2012, namun masih belum
dapat mengoptimalkan produk-produk yang telah ada pada kantor pusat.
Pelayanan pada Kantor Cabang Simpang Limun hanya masih melayani Pegadaian
konvensional KCA.
Collections
- Undergraduate Theses [1916]