• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peranan PT Pegadaian (Persero) dalam Meningkatkan Pelayanan Pinjaman Dana Kepada Masyarakat (Studi pada Kantor Cabang Simpang Limun Medan)

    View/Open
    Fulltext (4.079Mb)
    Date
    2013
    Author
    Panggabean, Jaka Ade Putra
    Advisor(s)
    Thamrin, Muhammad Husni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PT Pegadaian (Persero) adalah sebuah Perusahan yang bergerak di bidang jasa keuangan dengan menyalurkan pinjaman kepada masyarakat atas dasar hukum gadai. Perusahaan ini berperan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan dana yang mendesak dan berusaha menghindarkan masyarakat dari lembaga-lembaga peminjaman yang merugikan dengan memberikan bunga yang melampaui batas kewajaran. Seiring perkembangan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks maka perusahaan juga berupaya menciptakan inovasi-inovasi baru untuk membantu masyarakat dan juga dalam rangka mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki. Perusahaan milik BUMN ini selain melaksanakan tugas pelayanan publik diharapkan juga dapat menghasilkan keuntungan dari produk yang dihasilkannya agar perusahaan dapat terus berkembang sesuai dengan perannya. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor PT Pegadaian (Persero) Cabang Simpang Limun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan PT Pegadaian (Persero) dalam meningkatkan pelayanan pinjaman dana kepada masyarakat melalui produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan, serta untuk mengetahui upaya dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan operasional terkusus pada kantor cabang Simpang Limun Medan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif dengan memusatkan perhatian pada masalah masalah atau fenomena yang bersifat aktual pada saat penelitian dilakukan, kemudian menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diselidiki sebagaimana adanya diiringi dengan interpretasi yang rasional dan akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan peranan PT Pegadaian (Persero) dalam meningkatkan pelayanan pinjaman dana bagi masyarakat sudah dapat dikatakan baik dilihat dari standarisasi pelayanan publik yang dikeluarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 36 tahun 2012, namun masih belum dapat mengoptimalkan produk-produk yang telah ada pada kantor pusat. Pelayanan pada Kantor Cabang Simpang Limun hanya masih melayani Pegadaian konvensional KCA.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62760
    Collections
    • Undergraduate Theses [1916]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV