Show simple item record

dc.contributor.advisorThamrin, Muhammad Husni
dc.contributor.authorPanggabean, Jaka Ade Putra
dc.date.accessioned2022-11-21T07:12:42Z
dc.date.available2022-11-21T07:12:42Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62760
dc.description.abstractPT Pegadaian (Persero) adalah sebuah Perusahan yang bergerak di bidang jasa keuangan dengan menyalurkan pinjaman kepada masyarakat atas dasar hukum gadai. Perusahaan ini berperan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan dana yang mendesak dan berusaha menghindarkan masyarakat dari lembaga-lembaga peminjaman yang merugikan dengan memberikan bunga yang melampaui batas kewajaran. Seiring perkembangan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks maka perusahaan juga berupaya menciptakan inovasi-inovasi baru untuk membantu masyarakat dan juga dalam rangka mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki. Perusahaan milik BUMN ini selain melaksanakan tugas pelayanan publik diharapkan juga dapat menghasilkan keuntungan dari produk yang dihasilkannya agar perusahaan dapat terus berkembang sesuai dengan perannya. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor PT Pegadaian (Persero) Cabang Simpang Limun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan PT Pegadaian (Persero) dalam meningkatkan pelayanan pinjaman dana kepada masyarakat melalui produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan, serta untuk mengetahui upaya dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan operasional terkusus pada kantor cabang Simpang Limun Medan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif dengan memusatkan perhatian pada masalah masalah atau fenomena yang bersifat aktual pada saat penelitian dilakukan, kemudian menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diselidiki sebagaimana adanya diiringi dengan interpretasi yang rasional dan akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan peranan PT Pegadaian (Persero) dalam meningkatkan pelayanan pinjaman dana bagi masyarakat sudah dapat dikatakan baik dilihat dari standarisasi pelayanan publik yang dikeluarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 36 tahun 2012, namun masih belum dapat mengoptimalkan produk-produk yang telah ada pada kantor pusat. Pelayanan pada Kantor Cabang Simpang Limun hanya masih melayani Pegadaian konvensional KCA.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPeranan PT Pegadaian (Persero)en_US
dc.subjectHukum Gadaien_US
dc.subjectPinjaman Danaen_US
dc.titlePeranan PT Pegadaian (Persero) dalam Meningkatkan Pelayanan Pinjaman Dana Kepada Masyarakat (Studi pada Kantor Cabang Simpang Limun Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM090903031
dc.identifier.nidnNIDN0008016402
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#Ilmu Administrasi Publik
dc.description.pages104 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record