Pola Mengajar Guru (Studi Etnografi Mengenai Pola Mengajar Para Guru di SMPN 10 Medan)
Abstract
Skripsi ini mendeskripsikan: ―Pola Mengajar Para Guru SMPN 10
Medan‖. Kajian ini menjelaskan tentang bagaimana pola mengajar yang
diterapkan para guru SMPN 10 Medan. Pola mengajar para guru tidak tercipta
begitu saja, melainkan dibentuk juga oleh peranan berbagai pihak dalam
persekolahan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan tipe penelitian yang berbentuk etnografi. Teknik pengumpulan data
yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara kepada berbagai pihak
yang terkait dengan masalah penelitian dan didukung oleh konsep dan teori dari
berbagai sumber bacaan/pustaka.
Permasalahan yang dibahas adalah hal-hal apa saja yang menjadi
masalah para guru dalam mengajar serta bagaimana pula solusinya.
Hasil dan kesimpulannya adalah dalam hubungan guru dengan pihak
lain (misalnya anak didik, kepala sekolah, orangtua, dengan sesama guru
bahkan dengan dinas pendidikan) tidak selalu berjalan mulus. Konflik peran
(terkait dengan hak dan kewajiban masing-masing pihak) dapat menghasilkan
permasalahan. Beberapa contoh dari permasalahan itu adalah, hubungan antara
guru dan murid, yang mana secara tidak langsung guru dan sekolah telah
mendiskriminasikan murid sehingga menimbulkan kecemburuan di kelompok
murid tertentu. Akibatnya mereka tidak lagi simpati dan berminat pada guru
dan pelajarannya, bahkan beberapa murid sudah sampai ke tahap menyepelekan
guru. Hubungan guru dengan kepala sekolah, yang mana guru memang
―diharuskan‖ harus mengikuti perintah. Begitu juga dengan permasalahan guru
dan orangtua, yang mana orangtua selalu menginginkan anaknya masuk ke
kelas pintar dan hubungan guru dan Disdik, yang mana guru hanya bisa
menerima saja segala bentukan kurikulum dan penyediaan fasilitas sarana prasarana yang kurang memadai. Dalam berbagai permasalahan itu, guru
membuat bermacam solusi yang dijadikan alat untuk bertahan atau
―menyesuaikan diri‖ dengan situasi dan kondisi yang ada
Collections
- Undergraduate Theses [939]