• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pola Mengajar Guru (Studi Etnografi Mengenai Pola Mengajar Para Guru di SMPN 10 Medan)

    View/Open
    Fulltext (5.642Mb)
    Date
    2014
    Author
    Harianja, Pricilia
    Advisor(s)
    Agustrisno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini mendeskripsikan: ―Pola Mengajar Para Guru SMPN 10 Medan‖. Kajian ini menjelaskan tentang bagaimana pola mengajar yang diterapkan para guru SMPN 10 Medan. Pola mengajar para guru tidak tercipta begitu saja, melainkan dibentuk juga oleh peranan berbagai pihak dalam persekolahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian yang berbentuk etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara kepada berbagai pihak yang terkait dengan masalah penelitian dan didukung oleh konsep dan teori dari berbagai sumber bacaan/pustaka. Permasalahan yang dibahas adalah hal-hal apa saja yang menjadi masalah para guru dalam mengajar serta bagaimana pula solusinya. Hasil dan kesimpulannya adalah dalam hubungan guru dengan pihak lain (misalnya anak didik, kepala sekolah, orangtua, dengan sesama guru bahkan dengan dinas pendidikan) tidak selalu berjalan mulus. Konflik peran (terkait dengan hak dan kewajiban masing-masing pihak) dapat menghasilkan permasalahan. Beberapa contoh dari permasalahan itu adalah, hubungan antara guru dan murid, yang mana secara tidak langsung guru dan sekolah telah mendiskriminasikan murid sehingga menimbulkan kecemburuan di kelompok murid tertentu. Akibatnya mereka tidak lagi simpati dan berminat pada guru dan pelajarannya, bahkan beberapa murid sudah sampai ke tahap menyepelekan guru. Hubungan guru dengan kepala sekolah, yang mana guru memang ―diharuskan‖ harus mengikuti perintah. Begitu juga dengan permasalahan guru dan orangtua, yang mana orangtua selalu menginginkan anaknya masuk ke kelas pintar dan hubungan guru dan Disdik, yang mana guru hanya bisa menerima saja segala bentukan kurikulum dan penyediaan fasilitas sarana prasarana yang kurang memadai. Dalam berbagai permasalahan itu, guru membuat bermacam solusi yang dijadikan alat untuk bertahan atau ―menyesuaikan diri‖ dengan situasi dan kondisi yang ada
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62803
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV