Show simple item record

dc.contributor.advisorAgustrisno
dc.contributor.authorHarianja, Pricilia
dc.date.accessioned2022-11-21T07:33:56Z
dc.date.available2022-11-21T07:33:56Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62803
dc.description.abstractSkripsi ini mendeskripsikan: ―Pola Mengajar Para Guru SMPN 10 Medan‖. Kajian ini menjelaskan tentang bagaimana pola mengajar yang diterapkan para guru SMPN 10 Medan. Pola mengajar para guru tidak tercipta begitu saja, melainkan dibentuk juga oleh peranan berbagai pihak dalam persekolahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian yang berbentuk etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara kepada berbagai pihak yang terkait dengan masalah penelitian dan didukung oleh konsep dan teori dari berbagai sumber bacaan/pustaka. Permasalahan yang dibahas adalah hal-hal apa saja yang menjadi masalah para guru dalam mengajar serta bagaimana pula solusinya. Hasil dan kesimpulannya adalah dalam hubungan guru dengan pihak lain (misalnya anak didik, kepala sekolah, orangtua, dengan sesama guru bahkan dengan dinas pendidikan) tidak selalu berjalan mulus. Konflik peran (terkait dengan hak dan kewajiban masing-masing pihak) dapat menghasilkan permasalahan. Beberapa contoh dari permasalahan itu adalah, hubungan antara guru dan murid, yang mana secara tidak langsung guru dan sekolah telah mendiskriminasikan murid sehingga menimbulkan kecemburuan di kelompok murid tertentu. Akibatnya mereka tidak lagi simpati dan berminat pada guru dan pelajarannya, bahkan beberapa murid sudah sampai ke tahap menyepelekan guru. Hubungan guru dengan kepala sekolah, yang mana guru memang ―diharuskan‖ harus mengikuti perintah. Begitu juga dengan permasalahan guru dan orangtua, yang mana orangtua selalu menginginkan anaknya masuk ke kelas pintar dan hubungan guru dan Disdik, yang mana guru hanya bisa menerima saja segala bentukan kurikulum dan penyediaan fasilitas sarana prasarana yang kurang memadai. Dalam berbagai permasalahan itu, guru membuat bermacam solusi yang dijadikan alat untuk bertahan atau ―menyesuaikan diri‖ dengan situasi dan kondisi yang adaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectSMPN 10 Medanen_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectPola Mengajaren_US
dc.titlePola Mengajar Guru (Studi Etnografi Mengenai Pola Mengajar Para Guru di SMPN 10 Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM100905020
dc.identifier.nidnNIND0023086006
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI82201#Antropologi Sosial
dc.description.pages121 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record