Sistem Pengendalian Intern Penjualan pada PT. Pionnerindo Gourment International Cabang Medan
View/ Open
Date
2004Author
Samosir, Raja Musa
Advisor(s)
Bactarruddin, T
Metadata
Show full item recordAbstract
Perusahaan baik milik negara maupun swasta sebagai pelaku ekonomi
tidak bisa lepas dari kondisi globalisasi ekonomi saat ini. Dimana pada saat
ini terjadi persaingan yang semakin ketat diantara perusahaan, dan semakin
banyak perusahaan yang didirikan yang memiliki bentuk dan bidang usaha yang
sama maka perusahaan dituntut agar berusaha meningkatkan kemampuan
usahanya sehingga perusahaan tersebut mampu menghasilkan laba/profit yang
maksimal dari kegiatan usahanya. Sebagai konsekwensi logis dari persaingan
yang semakin tajam dan ketat tersebut, ada 3 kemungkinan yaitu mundur,
bertahan, maju.
Agar dapat bertahan dan maju diperlukan upaya penyehatan dan
penyempurnaan meliputi peningkatan efesiensi serta efektifitas pencapaian
tujuan perusahaan. Menghadapi hal ini, berbagai kebijakan dan strategi terus
diterapkan dn ditingkatkan. Kebijakan yang ditempuh manajemen antara lain
dengan menerapkan Sistem Pengendalian Intern.
Dalam perusahaan yang masih kecil, masalah pengendalian
mungkin tidak begitu rumit dan masih dapat ditangani langsung oleh pimpinan
perusahaan. Tetapi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan yang cukup besar
lebih rumit. Dalam hal ini maka masalah pengendalian intern akan lebih rumit. Dalam hal ini Pengawasan/pengendalian intern tidak hanya dilakukan oleh pimpinan perusahaan itu sendiri tetapi dibantu oleh internal auditor yang menangani masalah system pengendalian intern.
Collections
- Diploma Papers [1615]
