Wirausaha Aksesoris (Studi Etnografi Strategi Ekonomi Kreatif Di Pasar Ud Pajus Baru Medan)
View/ Open
Date
2013Author
Simamora, Santa L.
Advisor(s)
Savitri, Nita
Metadata
Show full item recordAbstract
Skripsi ini mendeskripsikan: “Wirausaha Aksesoris di Pasar UD Pajus Baru
Medan”. Kajian ini menjelaskan tentang pengetahuan dan strategi wirausahawan
aksesoris. Strategi yang digunakan oleh para wirausahawan aksesoris sangat penting
untuk menjaga kestabilan suatu usaha. Berhasil tidaknya suatu usaha tergantung pada
pengetahuan dan strategi yang dilakukan oleh wirausahawan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
pengetahuan wirausahawan aksesoris di Pasar UD Pajus Baru Medan, serta
menjelaskan bagaimana proses dan strategi yang mereka lakukan dalam menjalankan
usaha aksesoris tersebut, sehingga bisa tetap bertahan ditengah persaingan pasar yang
semakin ketat.
Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan teknik wawancara
mendalam serta observasi partisipasi terhadap beberapa aktivitas sehari-hari informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wirausaha aksesoris sebagai salah satu
bagian dari ekonomi kreatif menjadi sebuah alternatif bagi sebagian orang di Pasar
UD Pajus Baru Medan, untuk meningkatkan pendapatan guna memenuhi kebutuhan
hidupnya sehari-hari. Akan tetapi tidak semua orang yang menekuni usaha aksesoris
di tempat tersebut menjadi wirausaha kreatif. Sebagian orang lebih cenderung
membeli barang siap pakai, untuk kemudian dijual kembali kepada pembeli. Hal ini
disebabkan karena kurangnya pengetahuan mereka tentang aksesoris. Selain itu
kondisi ini juga dipengaruhi oleh budaya yang sudah melekat dalam masyarakat Kota
Medan, yang pada umumnya lebih memilih pekerjaan yang instan dan
menguntungkan, daripada harus melakukan suatu pekerjaan yang dianggap
memerlukan sebuah proses yang relatif lama.
Namun berbeda halnya dengan sebagian orang yang berjiwa kreatif, mereka
menganggap proses sebagai bagian dari alur cerita mereka dalam menghasilkan
sebuah karya. Mereka tidak hanya sekedar membeli barang siap pakai saja, tetapi juga
berusaha untuk membuat, dan memodifikasi aksesoris untuk dijual kepada pembeli.
Oleh karena itu, pengetahuan tentang aksesoris sangat penting bagi
wirausahawan dalam memperoleh ide-ide untuk mengembangkan kreatifitasnya
secara maksimal. Ide-ide tersebut dapat diperoleh melalui referensi sejumlah gambar
aksesoris, buku, majalah, brosur-brosur, internet, perpustakaan, jalanan, mitos atau
cerita, galeri seni, fenomena dalam masyarakat, pengalaman, permintaan pelanggan,
teman, dan semua aspek dari segala tempat dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi.
Selain itu, melalui pengetahuan yang dimilikinya mereka bisa menyusun strategi yang
dianggap dapat meningkatkan pendapatan usahanya. Setiap wirausahawan
mempunyai strateginya masing-masing yang disesuaikan dengan pengetahuan, dalam
konteks budaya yang dimilikinya.
Collections
- Undergraduate Theses [939]