Show simple item record

dc.contributor.advisorSavitri, Nita
dc.contributor.authorSimamora, Santa L.
dc.date.accessioned2022-11-21T08:23:11Z
dc.date.available2022-11-21T08:23:11Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62902
dc.description.abstractSkripsi ini mendeskripsikan: “Wirausaha Aksesoris di Pasar UD Pajus Baru Medan”. Kajian ini menjelaskan tentang pengetahuan dan strategi wirausahawan aksesoris. Strategi yang digunakan oleh para wirausahawan aksesoris sangat penting untuk menjaga kestabilan suatu usaha. Berhasil tidaknya suatu usaha tergantung pada pengetahuan dan strategi yang dilakukan oleh wirausahawan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengetahuan wirausahawan aksesoris di Pasar UD Pajus Baru Medan, serta menjelaskan bagaimana proses dan strategi yang mereka lakukan dalam menjalankan usaha aksesoris tersebut, sehingga bisa tetap bertahan ditengah persaingan pasar yang semakin ketat. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan teknik wawancara mendalam serta observasi partisipasi terhadap beberapa aktivitas sehari-hari informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wirausaha aksesoris sebagai salah satu bagian dari ekonomi kreatif menjadi sebuah alternatif bagi sebagian orang di Pasar UD Pajus Baru Medan, untuk meningkatkan pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Akan tetapi tidak semua orang yang menekuni usaha aksesoris di tempat tersebut menjadi wirausaha kreatif. Sebagian orang lebih cenderung membeli barang siap pakai, untuk kemudian dijual kembali kepada pembeli. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan mereka tentang aksesoris. Selain itu kondisi ini juga dipengaruhi oleh budaya yang sudah melekat dalam masyarakat Kota Medan, yang pada umumnya lebih memilih pekerjaan yang instan dan menguntungkan, daripada harus melakukan suatu pekerjaan yang dianggap memerlukan sebuah proses yang relatif lama. Namun berbeda halnya dengan sebagian orang yang berjiwa kreatif, mereka menganggap proses sebagai bagian dari alur cerita mereka dalam menghasilkan sebuah karya. Mereka tidak hanya sekedar membeli barang siap pakai saja, tetapi juga berusaha untuk membuat, dan memodifikasi aksesoris untuk dijual kepada pembeli. Oleh karena itu, pengetahuan tentang aksesoris sangat penting bagi wirausahawan dalam memperoleh ide-ide untuk mengembangkan kreatifitasnya secara maksimal. Ide-ide tersebut dapat diperoleh melalui referensi sejumlah gambar aksesoris, buku, majalah, brosur-brosur, internet, perpustakaan, jalanan, mitos atau cerita, galeri seni, fenomena dalam masyarakat, pengalaman, permintaan pelanggan, teman, dan semua aspek dari segala tempat dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi. Selain itu, melalui pengetahuan yang dimilikinya mereka bisa menyusun strategi yang dianggap dapat meningkatkan pendapatan usahanya. Setiap wirausahawan mempunyai strateginya masing-masing yang disesuaikan dengan pengetahuan, dalam konteks budaya yang dimilikinya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.titleWirausaha Aksesoris (Studi Etnografi Strategi Ekonomi Kreatif Di Pasar Ud Pajus Baru Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM080905008
dc.identifier.nidnNIND0025016102
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI82201#Antropologi Sosial
dc.description.pages181 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record