Gamers Online (Studi Etnografi Tentang Komunitas Gamers Online Di Kecamatan Siantar Barat, Pematang Siantar)
View/ Open
Date
2014Author
Zulkarnaen, Alfi
Advisor(s)
Fachruddin, Chalida
Metadata
Show full item recordAbstract
Komunitas gamers online merupakan suatu bentuk komunitas masa kini
yang menyandarkan segala bentuk kegiatannya pada penggunaan teknologi
berupa komputer dan jaringan internet untuk dapat menghubungkan diantara
sesama pengguna, komunitas gamers online adalah suatu kelompok yang terdiri
dari beragam individu dengan beragam latar belakang yang diikat oleh satu ide
maupun tujuan, yakni games online. Perkembangan teknologi berupa komputer
tidak hanya bertujuan sebagai alat bantu dalam kehidupan melainkan telah
berkembang menjadi seperangkat alat teknologi yang dapat menjadi alat
komunikasi dan pertukaran data dalam kehidupan sekarang ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
observasi (partisipasi dan non-partisipasi) tergantung pada kondisi dan situasi di
lapangan penelitian, metode wawancara mendalam juga dipergunakan untuk
memperkuat keterangan informan atas penulisan ini. Pemain games online sebagai
informan pangkal dalam penelitian ini dan juga mencakup operator warung
internet dan pengguna jaringan internet. Informan kunci adalah individu-individu
yang melakukan dan memainkan games online sedangkan informan biasa adalah
pihak-pihak yang terkait secara tidak langsung dengan kegiatan komunitas gamers
online di daerah tersebut, seperti : masyarakat pengguna sarana internet, tokoh
masyarakat dan individu yang mengerti akan permainan games online.
Hasil penelitian ini memberi suatu gambaran mengenai games online dan
komunitas gamers online, yang mencakup jenis permainan games online, etika
dalam games online, aktifitas online hingga pada dampak yang ditimbulkan dari
games online. Dampak games online yang terbagi atas dua bagian, yakni dampak
positif dan dampak negatif memberikan gambaran mengenai kegiatan games
online yang lazim dilakukan oleh anak muda sekarang ini, selain itu games online
juga menyimpan nilai pembelajaran, sejarah, kesetiakawanan dan menghargai
suatu proses dalam mencapai sesuatu, hal ini dilihat dari sudut pandang
komunitas, gaya hidup dan perubahan sosial budaya sehingga hasil yang
didapatkan merupakan hasil penelitian yang bersifat menyeluruh.
Collections
- Undergraduate Theses [939]