• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Gamers Online (Studi Etnografi Tentang Komunitas Gamers Online Di Kecamatan Siantar Barat, Pematang Siantar)

    View/Open
    Fulltext (3.886Mb)
    Date
    2014
    Author
    Zulkarnaen, Alfi
    Advisor(s)
    Fachruddin, Chalida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Komunitas gamers online merupakan suatu bentuk komunitas masa kini yang menyandarkan segala bentuk kegiatannya pada penggunaan teknologi berupa komputer dan jaringan internet untuk dapat menghubungkan diantara sesama pengguna, komunitas gamers online adalah suatu kelompok yang terdiri dari beragam individu dengan beragam latar belakang yang diikat oleh satu ide maupun tujuan, yakni games online. Perkembangan teknologi berupa komputer tidak hanya bertujuan sebagai alat bantu dalam kehidupan melainkan telah berkembang menjadi seperangkat alat teknologi yang dapat menjadi alat komunikasi dan pertukaran data dalam kehidupan sekarang ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi (partisipasi dan non-partisipasi) tergantung pada kondisi dan situasi di lapangan penelitian, metode wawancara mendalam juga dipergunakan untuk memperkuat keterangan informan atas penulisan ini. Pemain games online sebagai informan pangkal dalam penelitian ini dan juga mencakup operator warung internet dan pengguna jaringan internet. Informan kunci adalah individu-individu yang melakukan dan memainkan games online sedangkan informan biasa adalah pihak-pihak yang terkait secara tidak langsung dengan kegiatan komunitas gamers online di daerah tersebut, seperti : masyarakat pengguna sarana internet, tokoh masyarakat dan individu yang mengerti akan permainan games online. Hasil penelitian ini memberi suatu gambaran mengenai games online dan komunitas gamers online, yang mencakup jenis permainan games online, etika dalam games online, aktifitas online hingga pada dampak yang ditimbulkan dari games online. Dampak games online yang terbagi atas dua bagian, yakni dampak positif dan dampak negatif memberikan gambaran mengenai kegiatan games online yang lazim dilakukan oleh anak muda sekarang ini, selain itu games online juga menyimpan nilai pembelajaran, sejarah, kesetiakawanan dan menghargai suatu proses dalam mencapai sesuatu, hal ini dilihat dari sudut pandang komunitas, gaya hidup dan perubahan sosial budaya sehingga hasil yang didapatkan merupakan hasil penelitian yang bersifat menyeluruh.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62916
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV