Show simple item record

dc.contributor.advisorFachruddin, Chalida
dc.contributor.authorZulkarnaen, Alfi
dc.date.accessioned2022-11-21T08:31:19Z
dc.date.available2022-11-21T08:31:19Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62916
dc.description.abstractKomunitas gamers online merupakan suatu bentuk komunitas masa kini yang menyandarkan segala bentuk kegiatannya pada penggunaan teknologi berupa komputer dan jaringan internet untuk dapat menghubungkan diantara sesama pengguna, komunitas gamers online adalah suatu kelompok yang terdiri dari beragam individu dengan beragam latar belakang yang diikat oleh satu ide maupun tujuan, yakni games online. Perkembangan teknologi berupa komputer tidak hanya bertujuan sebagai alat bantu dalam kehidupan melainkan telah berkembang menjadi seperangkat alat teknologi yang dapat menjadi alat komunikasi dan pertukaran data dalam kehidupan sekarang ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi (partisipasi dan non-partisipasi) tergantung pada kondisi dan situasi di lapangan penelitian, metode wawancara mendalam juga dipergunakan untuk memperkuat keterangan informan atas penulisan ini. Pemain games online sebagai informan pangkal dalam penelitian ini dan juga mencakup operator warung internet dan pengguna jaringan internet. Informan kunci adalah individu-individu yang melakukan dan memainkan games online sedangkan informan biasa adalah pihak-pihak yang terkait secara tidak langsung dengan kegiatan komunitas gamers online di daerah tersebut, seperti : masyarakat pengguna sarana internet, tokoh masyarakat dan individu yang mengerti akan permainan games online. Hasil penelitian ini memberi suatu gambaran mengenai games online dan komunitas gamers online, yang mencakup jenis permainan games online, etika dalam games online, aktifitas online hingga pada dampak yang ditimbulkan dari games online. Dampak games online yang terbagi atas dua bagian, yakni dampak positif dan dampak negatif memberikan gambaran mengenai kegiatan games online yang lazim dilakukan oleh anak muda sekarang ini, selain itu games online juga menyimpan nilai pembelajaran, sejarah, kesetiakawanan dan menghargai suatu proses dalam mencapai sesuatu, hal ini dilihat dari sudut pandang komunitas, gaya hidup dan perubahan sosial budaya sehingga hasil yang didapatkan merupakan hasil penelitian yang bersifat menyeluruh.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectGames Onlineen_US
dc.subjectInterneten_US
dc.subjectDampaken_US
dc.subjectAktifitasen_US
dc.titleGamers Online (Studi Etnografi Tentang Komunitas Gamers Online Di Kecamatan Siantar Barat, Pematang Siantar)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM070905023
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI82201#Antropologi Sosial
dc.description.pages112 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record