• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Welfare
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Welfare
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Persepsi Peserta Bpjs Kesehatan terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Dr. Hadrianus Sinaga Pangururan Kabupaten Samosir

    View/Open
    Fulltext (868.2Kb)
    Date
    2014
    Author
    Simbolon, Nopen
    Advisor(s)
    Suriadi, Agus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemerintah bertanggungjawab merencanakan, mengatur, meyelenggarakan, membina dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang terjangkau oleh masyarakat. BPJS Kesehatan sebagai badan yang bertugas menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional salah satunya untuk kelompok peserta penduduk miskin dan tidak mampu (JAMKESMAS), sebagai kelompok peserta BPJS Kesehatan yang tidak membayar iuran, tetapi mendapat bantuan iuran dari pemerintah yang dibayarkan kepada BPJS atau disebut sebagai kelompok peserta BPJS Kesehatan penerima bantuan iuran. Rumah Sakit Umum Dr.Hadrianus Sinaga merupakan salah satu fasilitas kesehatan (FASKES) BPJS Kesehatan. Pelayanan kesehatan yang diberikan Rumah Sakit antara lain pelayanan Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) dan pelayanan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) yang mencakup pelayanan obat, penunjang diagnosik, pelayanan darah serta pelayanan lainnya. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Dr.Hadrianus Sinaga Pangururan Kabupaten Samosir. Populasi penelitian ini adalah 248 orang Pasien Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) Peserta BPJS kesehatan Penerima Bantuan Iuran dan yang menjadi sampel adalah sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dengan library research atau studi kepustakaan dan studi lapangan dengan observasi dan kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Dr.Hadrianus Sinaga Pangururan Kabupaten Samosir adalah positif. Hal ini dilihat dari indikator pelayanan kesehatan.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/63262
    Collections
    • Undergraduate Theses [1147]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV