Sistem Pengawasan Intern terhadap Pemberian Kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Lubuk Pakan
Abstract
Dunia perbankan adalah merupakan dunia bisnis yang raclibatkan
kepercayaan. Pertumbuhan suatu bank sangat tergantung pada besarnya dana
pihak ketiga yang dihimpun dan disalurkan kernbell ke masyarakat. Dari dans
yang dihimpun tersebut dapat dikembangkan pada bentuk penanaman dana yang
menghasilkan seperti penyaluran kredit dan pembelian surat berharga sehingga
bank sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara untuk
masa yang akan datang. Sehubungan dengan hal tersebut sebagai mitra kerja, bank
berusaha memberikan pelayanan (service) yang memuaskan kepada masyarakat.
Dana-dana yang berhasil dihimpun bank merupakan suatu bukti bahwa
masyarakat sebagai pihak yang mempunyai kelebihan dan mempercayakan bank
tersebut sebagai tempat menyimpan uangnya. Demikian juga pemberian kredit,
dimana bank memberikan kepercayaan kepada pihak ketiga atau debitur untuk
menggunakan kelebihan dana masyarakat yang ada di bank tersebut dan sebagai
financial intermediary atau perantara keuangan, bank tidak terlepas dari
W
fungsinya.
Kredit merupakan sumber utama penghasilan bagi Bank dan sekaligus
sumber resiko operasi terbesar. Sebagian besar dana operasional diputarkan dalam
kredit. Bila kegiatan tersebut berhasil maka usaha Bank pun berhasil, namun bila
terjerat banyak kredit bermasalah akan menghadapi kesulitan besar untuk itu
keberhasilan dan kegagalan Bank dalam mengelola kredit akan berpengaruh kepada masyarakat banyak yang menyimpan uangnya di Bank. Memberikan kredit bukan pekerjaan mudah karena pemberian kredit yang baik akan banyak menentukan kualitas kredit itu sendiri.
Collections
- Diploma Papers [1615]
