| dc.description.abstract | Masyarakat adalah kelompok-kelompok orang-orang yang menempati sebuah
wilayah (teritorial) tertentu, yang hidup secara relative lama, saling berkomunikasi,
memiliki simbol-simbol dan aturan-aturan tertentu. Dalam kehidupan manusia
modern, teknologi informasi merupakan perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari
aktifitas hidup sehari-hari, dan ketika penemuan teknologi informasi berkembang
dalam skala massal, maka teknologi itu telah mengubah bentuk masyarakat manusia,.
Sebuah dunia yang sangat transparan terhadap perkembangan informasi, transportasi
serta teknologi yang begitu cepat dan begitu besar, sehingga dunia dijuluki the big
village, sebuah desa besar di mana masyarakat saling kenal dan saling menyapa satu
sama dengan lainya. Masyarakat global itu juga dimaksud sebagai sebuah kehidupan
yang memungkinkan komunitas manusia menghasilkan budaya-budaya bersama,
menghasilkan produk-produk industri bersama, menciptakan pasar bersama.
Perkembangan teknologi informasi juga tidak saja mampu menciptakan masyarakat
dunia global, namun secara materi mampu mengembangkan ruang gerak kehidupan
baru bagi masyarakat, sehingga tanpa disadari, manusia telah hidup dalam dua
kehidupan yaitu nyata dan maya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam hal ini, data dikumpulkan dengan
teknik pengumpulan data, berupa observasi non pasrtisipasi dimana peneliti
mengamati secara langsung ke lapangan tetapi tidak tinggal dengan objek yan diteliti
hanya sebatas mengamati bagaimana para broker menggunakan media internet dalam
aktivitas bekerja. Wawancara Mendalam dimana peneliti mengadakan tanya jawab
secara langsung dengan informan guna mendapatkan data yang lebih optimal untuk
penelitian ini. Dokumentasi yang berupa, gambar saat wawancara, artikel, jurnal yang
masih berkaitan dengan penelitian. Data-data dan informasi yang telah diperoleh dari
lapangan diinterprestasikan melalui teknik analisa data sesuai dengan jenis penelitian.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan sampai kepada interprestasi dan
analisa data. Dapat diketahui bahwa para broker di PT Millennium Penata Futures
telah bergerak menuju kepada masyarakat maya. Para broker hanya duduk diam di
depan layar komputer tetapi sudah melakukan banyak aktivitas layaknya masyarakat
nyata, mereka berjalan-jalan di dunia maya mencari nasabah, menawarkan jasa
mereka kepada sesama masyarakat maya, melakukan komunikasi tanpa kehadiran
fisik, dan melakukan bisnis. Broker merupakan penduduk tetap dalam masyarakat
maya. Email sebagai alamat para broker di dunia maya dan website sebagai kantor
bagi para broker di dunia maya. Setiap saat mereka menggunakan alamat dan kantor
mereka untuk berinteraksi dengan sesama anggota masyarakat maya guna berbagai
kebutuhan seperti bergaul, menyapa, berbisnis. Para broker ini sudah memasuki
kriteria masyarakat maya, semua mereka lakukan di dunia yang jarak dan waktu
bukan suatu masalah besa | en_US |