Show simple item record

dc.contributor.advisorGinting, Rasudyn
dc.contributor.authorTanjung, Putri Sani
dc.date.accessioned2022-11-22T07:08:33Z
dc.date.available2022-11-22T07:08:33Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/63398
dc.description.abstractSetiap warga negara secara tegas dikatakan memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan yang baik dalam hal kesehatan. Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam hal pembangunan negara, karena itu menjadi tolak ukur kesejahteraan negara tersebut. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang diharapkan mampu memberikan peningkatan terhadap pelayanan kesehatan di Indonesia, ternyata belum memberikan dampak yang cukup signifikan. Pasalnya masih banyak fakta yang menunjukan bahwa pasien BPJS di puskesmas dan rumah sakit belum mendapatkan pelayanan secara baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi program BPJS dalam memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas Pandan. Metode penelitian menggunakan bentuk penelitian desktiptif kualitatif, dengan adat yang di kumpulkan melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Analisis data yang dilakukan untuk melihat efektifitas dari implementasi program tersebut, yang di ukur menggunakan 6 variabel menurut Van Matter dan Van Horm, Levey dan Loomba, Haryono Wiratno, dan Undang-Undang. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan suatu program kesehatan yang dibuat dengan maksud memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi kepada masyarakat, bukan hanya dirumah sakit memalinkan yang lebih mendasar dan penting yaitu pada tingkat Puskesmas. Tetapi kenyataannya, proses yang berjalan tidak menggambarkan fungsi dari BPJS sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan, tergambar dari masih buruknya fasilitas di banyak puskesmas dan rumah sakit, administrasi yang terlalu berbelit, kurangnya sikap empati pegawai, kurangnya sosialisasi, dan tidak terlalu baik koordinasi yang berjalan antar lembaga terkait. Semua itu berdampak pada tidak efektifnya program yang seharusnya menjadi angin segar bagi masyarakat untuk dapat merasakan pelayan kesehatan yang berkualitas dan memenuhi standar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectImplementasi BPJSen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectKualitas Pelayanan Kesehatanen_US
dc.titleImplementasi Program BPJS Kesehatan Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat Puskesmas Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengahen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM130903007
dc.identifier.nidnNIDN0014085905
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#IlmuAdministrasiPublik
dc.description.pages85 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record