• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peranan Kepemimpinan dalam Kinerja Pelayanan Pada Badan Kesbangpol Linmas Kota Pematangsiantar

    View/Open
    Fulltext (2.614Mb)
    Date
    2017
    Author
    Wahid, Widya
    Advisor(s)
    Nasution, Beti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepemimpinan merupakan faktor utama penggerak yang menentukan maju mundurnya suatu organisasi baik dalam organisasi swasta maupun pemerintah sendiri, dalam hal ini adalah Badan Kesbangpol Linmas Kota Pematangsiantar. Kepemimpinan yang efektif dapat dilihat dari cara seorang pemimpin mempengaruhi dan memberdayakan pegawainya untuk meningkatkan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peranan kepemimpinan dalam kinerja pelayanan pada badan Kesbangpol Linmas kota Pematangsiantar yang dilakukan dengan menganalisis kepemimpinan yang diterapkan pemimpin dan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dengan pengumpulan data primer berupa wawancara dan observasi dilapangan, dan pengumpulan data sekunder berupa dokumentasi dan studi kepustakaan.Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisa data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan ini diperoleh kesimpulan bahwa kepemimpinan yang diterapkan pimpinan badan Kesbangpol Linmas kota Pematangsiantar memiliki peranan penting dalam mempengarui kinerja pegawai. Hal ini dapat dilihat dari penerapan gaya kepemimpinan partisipatif, persuasif, dan edukatif serta pemberian motivasi yang dilakukan dengan mengkolaborasikan tipe kepemimpinan transformasional dan tipe kepemimpinan transaksional menunjukkan dampak bahwa pegawai dapat lebih mengembangkan dan meningkatkan kemampuan serta keterampilannya sehingga kinerja yang dilakukan pun lebih optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/63428
    Collections
    • Undergraduate Theses [1913]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV