dc.description.abstract | Tabungan merupakan salah satu produk perbankan yang ditujukan untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat baik berorientasi jangka pendek maupun jangka
panjang. Bagi dunia perbankan, keberadaan nasabah merupakan asset terpenting,
dan ditengah persaingan yang ketat dan dinamis PT. Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Putri Hijau Medan. Sebagai salah satu penyedia jasa layanan keuangan
menyadari perlunya melakukan berbagai upaya mempertahankan pasar yang
sudah ada melalui usaha meningkatkan kepuasan nasabah serta memberikan nilai
lebih berupa pelayanan yang sesuai harapan maupun tuntutan dari nasabah secara
terus menerus untuk mencapai loyalitas nasabah untuk terus menggunakan jasa
bank tersebut
Kualitas pelayanan (varaiabel X) adalah kualitas pelayanan merupakan
suatu kondisi dinamis yang berhubungan langsung dengan produk, jasa, manusia,
proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan dengan
memberikan bantuan seoptimal mungkin ke pihak lain yang memerlukan, baik
diminta atau tidak diminta. Kepuasan nasabah (Variabel Y) adalah perasaan
senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara
persepsi atau kesannya terhadap kinerja atau hasil dari suatu produk dan harapan harapannya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan
nasabah Britama.
Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisa
kuantitatif. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah asosiatif untuk
membuktikan adanya pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan
nasabah Britama.
Berdasarkan hasil penelitian, yang dilakukan dan dilanjutkan dengan
menganalisa data yang diperoleh, maka hasilnya adalah bahwa terdapat hubungan
yang kuat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Britama sebesar
0, 706. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai positif sebesar 9,868, hal ini
berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap
kepuasan nasabah Britama dengan tingkat pengaruh sebesar 49,84%. Sehingga
hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara
kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dapat diterima. | en_US |