dc.description.abstract | Dalam kehidupan sehari- hari golongan remaja yang menjadi penggemar
program permainan komputer ini disebut dengan istilah “anak gem” yang pada
umumnya adalah laki- laki. Tingginya intensitas bermain para anak gem
mebuat mereka hanya sempat berkomunikasi dengan sesama anak gem saja
yang membentuk satu kelompok baru sesuai dengan nama game station tempat
ia bermain. Bentuk kelompok anak gem muncul dalam masyarakat merupakan
sebuah identitas yang muncul sebagai respon atas adanya bentuk sifat dan
perubahan- perubahan pola hidup sosial mereka menjadi ciri khas mereka
dalam kehidupan sehari- hari. Remaja penggemar hiburan permainan komputer
(anak gem), pada umumnya mengenal hiburan permainan tersebut dari temantemannya. Banyaknya jenis permainan dengan karakter yang berbeda- beda
membuat para remaja semakin ketagihan untuk bermain. Karena rasa ingin
tahu yang tinggi, mereka semakin termotivasi untuk memainkan permainan
tersebut dengan waktu yang cukup lama, sehingga tanpa disadari banyak
aktivitas- aktivitas mereka yang lain terabaikan karena merasa sulit untuk
meninggalkan permainan tersebut. Tingginya intensitas waktu bermain para
remaja tersebut membuat mereka menjadi lebih dekat dan saling mengenal
satu sama lain dan mempunyai kelompok- kelompok bermain sendiri.
Umunyan para responden ini bermain dengan menggunakan jasa internet
(online) karena disamping bermain game, mereka juga dapat meluangkan
waktu untuk menambah teman melalui fasilitas internet yang tersedia. Analisa
data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS Versi 14.0 dengan
menggunkan rumus korelasi Spearman (Spearman Rho Koefisien), sehingga
diperoleh rs= 0,380. Dengan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa
terdapat hubungan diantara remaja penggemar hiburan permainan dengan
kegiatan sehari- harinya di Padang Bulan, Medan. | en_US |