Efisiensi Kerja pada Departemen S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara
View/ Open
Date
2012Author
Ginting, Dian Nita
Advisor(s)
Torong, Muhammad Zainul Bahri
Metadata
Show full item recordAbstract
Efisiensi kerja merupakan suatu prinsip dasar untuk melakukan setiap
kegiatan suatu organisasi dengan tujuan untuk dapat memperoleh hasil yang
dikehendaki dengan usaha yang seminimal mungkin sesuai dengan standar yang ada.
Usaha yang seminimal mungkin dikaitkan dalam hubungannya dengan pemakaian
tenaga jasmani, pikiran, waktu, ruang, benda, dan uang. Dengan kata lain efisiensi
kerja merupakan pelaksanaan cara-cara tertentu dengan tanpa mengurangi tujuannya
dan merupakan cara yang termudah mengerjakannya, termurah biayanya, tersingkat
waktunya, teringan bebannya, dan terpendek jaraknya.
Pengertian efisiensi menurut Sedarmayanti (2001:112) pada prinsipnya adalah
perbandingan terbaik antara hasil yang diperoleh dengan kegiatan yang dilakukan.
Bekerja dengan efisien adalah bekerja dengan gerakan, usaha, waktu dan kelelahan
yang sedikit mungkin. Dengan menggunakan cara kerja yang sederhana, penggunaan
alat yang dapat membantu mempercepat penyelesaian tugas serta menghemat gerak
dan tenaga, maka seseorang dapat dikatakan bekerja dengan efisien dan memperoleh
hasil yang memuaskan. Tujuan utama pekerjaan kantor adalah untuk mencapai
efektivitas dan efisiensi kerja Dalam pelaksanaan suatu pekerjaan sering dijumpai
kendala-kendala yang dapat mempengaruhi kelancaran aktivitas kerja
Collections
- Diploma Papers [1615]
