| dc.description.abstract | Dalam pelaksanaan suatu pekerjaan sering dijumpai kendala-kendala yang
dapat mempengaruhi kelancaran aktivitas kerja. Diantaranya dapat berupa sistem,
prosedur atau cara kerja yang kurang efisien dalam melaksanakan pekerjaan
kantor yang dapat dialami oleh seluruh kegiatan kerja lainnya.
Pada setiap kantor akan ditemukan “unsur inti” yaitu, manusia beserta
hubungan-hubungan sosial mereka dan “unsur kerja” yang meliputi sumber daya
insan, sumber daya nir-insani, dan sumber daya konseptual. Dalam kenyataannya
unsur inti akan dipengaruhi oleh unsur kerja pada saat kantor berfungsi sebagai
perangkat untuk memasok informasi dan merawat aktiva sehingga diperlukan
cara-cara bekerja yang efisien.
Dari uraian tersebut di atas, dapat diketahui bahwa kantor tidak hanya
sebagai tempat berkumpul orang-orang yang tergabung dalam sebuah organisasi
atau perkumpulan, tetapi juga berisi sistem informasi yang sistematis dan tersusun
rapi. sehingga kantor lebih dari sekedar sebuah tempat saja. Setiap kantor pasti
mempunyai pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan didalamnya karena
merupakan wujud dari mekanisme administrasi sebuah organisasi. Sebagaimana
definisi yang dikembangkan bahwa administrasi merupakan keseluruhan proses
kerjasama antar dua orang manusia atau lebih yang didasarkan pada rasionalitas
tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. | en_US |