| dc.description.abstract | Tujuan dari sebuah perusahaan secara ekonomi adalah mendapatkan laba yang
sebesar-besarnya, dengan menggunakan segenap sumber ekonomi yang ada di dalam perusahaan. Laba sering sekali menjadi tolak ukur keberhasilan manajemen dalam mengelola perusashian Besar kecilnya labu yang diperoleh perusahaan dipengaruhi oleh harga jual, binya dan volume penjualan. Ketiga faktor tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya, biaya menentukan harga jual, harga jual menentukan volume penjualan dan volume penjualan mempengaruhi besarnya laba. Oleh karena itu tiga kegiatan tersebut memegang peranan sangat penting sehingga dalam penilaian alternatif tindakan dan perumusan kebijakan untuk masa yang akan datang manajemen memerlukan data untuk mencari berbagai alternatif yang diperlukan untuk berbagai macam kemungkinan yang nantinya akan mempengaruhi laba yang ingin diperoleh perusahaan.
Dengan semakin tingginya persaingan dunia usaha untuk memperebutkan pasar, menuntut manajemen untuk dapat menekan semaksimal mungkin biaya-biaya yang timbul sehingga harga jual pokok produk yang dihasilkan dapat lebih kompetitif dan dapat bersaing di pasar. Ini dikhususkan perusahaan yang berorientasi kepada produkasi Namun pada umumnya, biaya tidak menetukan harga jual produk/jasa. Harga jual suatu produk terbentuk dipasar sebagai interaksi antara jumlah permintaan dan penawaran di pasar. Menurut Mulyadi manajemen pucak memerlukan informasi biaya penuh untuk mendapatkan jawaban atas konsekwensi laba dari setiap alternatif harga jual yang terbentuk di pasar, sehingga diperoleh jaminan harga jual produk/jasa yang dijual di pasar dapat menutup biaya penuh untuk menghasilkan produk/jasa tersebut dan menghasilkan laba yang wajar. | en_US |