| dc.description.abstract | Setiap perusahaan maupun instansi pemerintahan mempunyai tujuan-tujuan
tertentu dalam menjalankan usaha dan tanggung jawabnya, terlebih untuk
memenuhi tugas yang telah dimandatkan.
Setiap kita berhubungan dengan instansi pemerintahan berarti kita
berhadapan dengan faktor tenaga kerja manusia sebagai penggerak untuk
mewujudkan tujuan instansi pemerintahan. Sumbangan yang diberikan oleh
pegawai dimulai sejak awal kegiatan instansi pemerintahan, yaitu dari menyusun
dan merencanakan tujuan-tujuan yang akan dicapai, melaksanakan kegiatan
operasional dan pengawasannya sampai tercapainya tujuan organisasi.
Sumbangan tersebut dapat berupa tenaga, pikiran, pengalaman dan keahlian.
Sebagai imbalan atas apa yang mereka sumbangkan maka mereka akan
memperoleh balas jasa berupa gaji atau upah.
Pegawai diharapkan dapat memberikan kontribusinya kepada instansi
pemerintahan. Jika kebutuhan pegawai dipenuhi dengan semestinya, yaitu dengan
sistem gaji dan upah yang baik maka akan mendorong pegawai itu bekerja dengan
baik pula dan pastinya akan merangsang pegawai untuk bekerja lebih baik.
Sehingga hasil pekerjaannya akan lebih maksimal dan berkualitas. Sejalan dengan
itu maka tujuan utama instansi akan tercapai | en_US |