Pelayanan Referensi Sebagai Penunjang Informasi Bagi Pemustaka di Lingkungan Perpustakaan Universitas Sumatera Utara
Abstract
Perpustakaan merupakan pusat sumber informasi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat pemustaka. Pelayanan yang diberikan adalah dalam bentuk jasa pelayanan sumber informasi atau bahan pustaka. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuaan dan teknologi, jenis pelayanan perpustakaan pun berkembang, tidak hanya berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan dan memelihara serta melayankan bahan pustaka, tetapi juga menawarkan berbagai layanan lainnya.
Perpustakaan dikatakan berhasil apabila perpustakaan tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemustaka, memiliki koleksi perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka dan memiliki layanan yang berkualitas serta sarana dan prasaranan yang mendukung. Karakteristik layanan perpustakaan yang berkualitas dapat dilihat dari koleksi, fasilitas dan sumber daya manusianya. Karena layanan perpustakaan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam suatu perpustakaan perlu dilakukan evaluasi layanan guna mengetahui baik atau tidak layanan yang diberikan. Layanan dapat dievaluasi dari berbagai sudut pandang, salah satunya adalah efektifitas layanan. Efektifitas layanan perpustakaan dapat diukur dari bagaimana suatu organisasi mencapai tujuannya yaitu sistem layanan yang diberikan oleh perpustakaan dan menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka untuk mencapai kepuasan pemustaka.
Collections
- Librarian Papers [35]