Persepsi Masyarakat Terhadap Manfaat Program Pengembangan Masyarakat PT. Dairi Prima Mineral Dalam Tanggung Jawab Sosialnya (CSR) Pada Bidang Pendidikan di Kecamatan Silima Pungga-pungga Kabupaten Dairi

View/ Open
Date
2009Author
Nababan, Rinda Natalia
Advisor(s)
Badaruddin
Rosmiani
Sitorus, Henry F
Metadata
Show full item recordAbstract
Tanggung jawab sosial disetiap Perusahaan, adalah berbeda-beda. CSR yang
tidak lain adalah operasi bisnis yang berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan
keuntungan perusahaan secara finansial, tetapi untuk pembangunan sosial-ekonomi
kawasan secara holistik, melembaga, dan berkelanjutan. Fakta empiris menyatakan,
bahwa saat ini Perusahaan dihadapkan pada paradigma yang relatif masih baru di
Indonesia, yaitu paradigma yang melihat antara pihak Perusahaan dan masyarakat
bukanlah dua pihak yang berbeda dan bertolak belakang, namun merupakan bagian
yang tak terpisahkan. Industri pertambangan sebagai industri yang kompeten dalam
mengelola sumber daya alam diharapkan bisa menjalankan tanggung jawab sosialnya
di tengah-tengah masyarakat sekaligus menghilangkan persepsi negatif yang timbul
dari masyarakat, karena pada dasarnya kehadiran industri pertambangan kerap
mendapat permasalahan atau konflik sosial dari masyarakat.
Dalam perspektif demikian, maka dilakukan program pengembangan
masyarakat (CSR) PT. DP dalam bidang pendidikan yang tidak lain adalah bahwa
PT. DPM telah memberikan dampak positif maupun negatif terhadap masyarakat
lingkar tambang.
Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap para Tokoh Pendidikan, Tokoh
Masyarakat, maupun Manajer Hubungan Masyarakat PT. DPM dapat diketahui dan
disimpulkan bahwa program pengembangan masyarakat oleh PT. DPM adalah satu
tanggung jawab sosial Perusahaan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat
Parongil. Kerja sama, interaksi, tolong menolong adalah bagian terpenting dalam
tanggung jawab sosial Perusahaan karena membangun masyarakat lingkar tambang
yang mandiri adalah merupakan visi utama PT. Dairi Prima Mineral.
Collections
- Undergraduate Theses [939]