Strategi Adaptasi Pemasaran Kerajinan Tenun Ulos Pada Pasar Tradisional di Kota Medan (Studi di Pusat Pasar Medan)
View/ Open
Date
2011Author
Firmando, Harisan Boni
Advisor(s)
Munthe, Hadriana Marhaen
Simanihuruk, Muba
Sudarwati, Lina
Metadata
Show full item recordAbstract
Penulisan skripsi yang berjudul “Strategi Adaptasi Pemasaran Kerajinan
Tenun Ulos Pada Pasar Tradisional di Kota Medan (Studi di Pusat Pasar Medan)”.
Berawal dari semakin bertambahnya pedagang kerajinan tenun ulos di pasar
tradisional di kota Medan. Kemajuan jaman telah mengubah peta persaingan dengan
melahirkan strategi pemasaran yang baru. Dengan bertambahnya pesaing-pesaing
baru dalam dunia usaha membuat para pengusaha atau pedagang harus berpikir
seoptimal mungkin untuk mencapai tujuan yaitu untuk mencari dan mempertahankan
keberadaan para pelanggan yang memegang peranan penting dalam
keberlamngsungan sirkulasi pasar.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
dan observasi, wawancara. Adapun yang menjadi unit analisa dan informan dalam
penelitian ini adalah pedagang dan pelanggan ulos di Pusat Pasar Medan. Interpretasi
data dilakukan dengan menggunakan catatan dari setap kali turun lapangan.
Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa tingginya kompetisi pasar di
wilayah tersebut baik di daerah lokal kota Medan maupun di luar kota Medan
membuat pedagang kerajinan tenun ulos harus mampu meyakinkan pelanggan
melalui kreativitas maupun inovasi produk. Harga yang relative murah, kemasan
pembungkus ulos, pelayanan yang ramah tamah terhadap pelanggan, dan produk ulos
yang ditenun secara tradisional ditambah dengan tampilan yang modern seperti ulos
yang lebih tebal, halus, diberi air mas, dan dibordir, dibuat pedagang kerajinan tenun
ulos sebagai strategi pemasaran. Aneka kerajinan tenun yang dipajang di kios
merupakan daya tarik terbesar untuk menarik perhatian pelanggan. Jika dikaitkan
dengan fluktuatif nilai (commen value), strategi pemasaran ulos di Pusat Pasar
menjadi implementasi berjalannya fungsi dari kegiatan penjualan dan distribusi yang
teraplikasi dalam struktur lembaga ekonomi melalui Pusat Pasar.
Peran perkumpulan sosial juga berfungsi untuk memperluas jaringan
pamasaran pedagang kerajian tenun ulos. Jaringan sosial yang ada dari perkumpulan
secara langsung memperluas pemasaran melalui informasi dari mulut ke mulut
hingga turut langsung dalam transaksi jual beli.
Collections
- Undergraduate Theses [939]