Show simple item record

dc.contributor.advisorMunthe, Hadriana Marhaen
dc.contributor.advisorSimanihuruk, Muba
dc.contributor.advisorSudarwati, Lina
dc.contributor.authorFirmando, Harisan Boni
dc.date.accessioned2022-11-25T07:03:21Z
dc.date.available2022-11-25T07:03:21Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/65326
dc.description.abstractPenulisan skripsi yang berjudul “Strategi Adaptasi Pemasaran Kerajinan Tenun Ulos Pada Pasar Tradisional di Kota Medan (Studi di Pusat Pasar Medan)”. Berawal dari semakin bertambahnya pedagang kerajinan tenun ulos di pasar tradisional di kota Medan. Kemajuan jaman telah mengubah peta persaingan dengan melahirkan strategi pemasaran yang baru. Dengan bertambahnya pesaing-pesaing baru dalam dunia usaha membuat para pengusaha atau pedagang harus berpikir seoptimal mungkin untuk mencapai tujuan yaitu untuk mencari dan mempertahankan keberadaan para pelanggan yang memegang peranan penting dalam keberlamngsungan sirkulasi pasar. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dan observasi, wawancara. Adapun yang menjadi unit analisa dan informan dalam penelitian ini adalah pedagang dan pelanggan ulos di Pusat Pasar Medan. Interpretasi data dilakukan dengan menggunakan catatan dari setap kali turun lapangan. Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa tingginya kompetisi pasar di wilayah tersebut baik di daerah lokal kota Medan maupun di luar kota Medan membuat pedagang kerajinan tenun ulos harus mampu meyakinkan pelanggan melalui kreativitas maupun inovasi produk. Harga yang relative murah, kemasan pembungkus ulos, pelayanan yang ramah tamah terhadap pelanggan, dan produk ulos yang ditenun secara tradisional ditambah dengan tampilan yang modern seperti ulos yang lebih tebal, halus, diberi air mas, dan dibordir, dibuat pedagang kerajinan tenun ulos sebagai strategi pemasaran. Aneka kerajinan tenun yang dipajang di kios merupakan daya tarik terbesar untuk menarik perhatian pelanggan. Jika dikaitkan dengan fluktuatif nilai (commen value), strategi pemasaran ulos di Pusat Pasar menjadi implementasi berjalannya fungsi dari kegiatan penjualan dan distribusi yang teraplikasi dalam struktur lembaga ekonomi melalui Pusat Pasar. Peran perkumpulan sosial juga berfungsi untuk memperluas jaringan pamasaran pedagang kerajian tenun ulos. Jaringan sosial yang ada dari perkumpulan secara langsung memperluas pemasaran melalui informasi dari mulut ke mulut hingga turut langsung dalam transaksi jual beli.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.titleStrategi Adaptasi Pemasaran Kerajinan Tenun Ulos Pada Pasar Tradisional di Kota Medan (Studi di Pusat Pasar Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM070901016
dc.identifier.nidnNIDN0017036704
dc.identifier.nidnNIDN0018036602
dc.identifier.nidnNIDN0026056308
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI69201#Sosiologi
dc.description.pages106en_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record