Pola Interaksi Sosial Siswa-Siswi yang Berbeda Agama ( Studi Analisa Deskriptif: Yayasan Perguruan Raksana SMA Swasta Raksana Medan
View/ Open
Date
2011Author
Gultom, Otto
Advisor(s)
Munthe, Marhaeni
Saladin, T. Ilham
Metadata
Show full item recordAbstract
Interaksi Sosial merupakan hal yang sangat penting dan merupakan kunci dalam
melakukan sosialisasi dalam kehidupan sosial di lingkungan bermasyarakat. Selama ini
interaksi sosial di lingkungan masyarakat menimbulkan jarak sosial dan kesenjagan
sosial. Interaksi sosial dapat membentuk asosiasi yang dapat menciptakan integrasi tetapi
dapat mengarah kepada disasosiasi atau disintegrasi yang dapat menimbulkan
pertentangan, persaingan, dan konflik.
Pelajar atau Siswa-siswi adalah generasi penerus yang merupakan cikal bakal
pengganti generasi bangsa yang tidak produktif lagi. Jika selama ini asumsi adanya jarak
kesenjangan sosial karena perbedaan Agama, bagaimanakah interaksi sosial yang terjadi
di lingkungan Akademis pendidikan khususnya di sekolah SMA Swasta Raksana Medan
yang kita ketahui merupakan sekolah yang bersifat umum dan bersifat heterogen yang
terdiri dari perbedaan dalam segi multi etnis, agama yang dianutnya, apakah ada
kesenjangan sosial diantara mereka ? seperti kita ketahui sekolah tersebut juga
merupakan media interaksi yang efektif dan intensif untuk mewujudkan interaksi yang
baik karena adanya hubungan sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Temuan
data penelitian di lapangan menggambarkan bahwa interaksi sosial yang terjadi antar
siswa-siswi yang berbeda agama di SMA Swasta Raksana Medan yang terletak di Jalan
Gajah Mada No. 20 Medan cukup baik dengan adanya pola interaksi dalam bentuk
kerjasama, persaingan, kontak sosial, komunikasi, pergaulan, solidaritas, dan konflik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif yang bersifat Deskriptif
atau menggambarkan. Teknik penggumpulan data dengan melakukan pra observasi dan
pengamatan secara langsung di lapangan, selanjutnya yang menjadi sumber data utama (
data primer dan data sekunder ) dilakukan dengan teknik interview ( wawancara
mendalam ) terhadap informan yang telah ditentukan dengan interview guide ( panduan
wawancara ).
Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan bahwa pola interaksi
yang terjadi antar siswa-siswi yang berbeda agama di SMA Swasta Raksana Medan,
sama sekali tidak ditemukan adanya konflik dan pertentangan yang berhubungan dengan
agama, melainkan adanya sikap yang baik dalam hormat-menghormati, dan menghargai
satu sama lain, sehingga tercipta persaingan yang sehat antar siswa-siswi di SMA Swasta
Raksana, guna mencerdaskan kehidupan Bangsa dan Negara
Collections
- Undergraduate Theses [939]