| dc.description.abstract | Di zaman yang serba canggih dan sarat dengan teknologi ini, setiap bidang
usaha dituntut untuk dapat mampu bersaing. Untuk itu setiap sumber daya harus
mempunyai kemampuan untuk bersaing, mampu menggunakan kesempatan yang
ada, dan informasi yang lengkap, akurat, dan terkini sangat diperlukan pimpinan
sebagai dasar dalam pembuat kebijaksanaan untuk menghadapi masalah-masalah
yang muncul dalam proses pengambilan keputusan. Untuk menghadapi masalah
tersebut, diperlukan suatu sistem pelaporan intern yang memadai, sehingga kalau
terjadi penyelewengan ataupun pemborosan dalam proses produksi dapat segera
diatasi.
Setiap jenjang manajemen kepegawaian harus mampu melaksanakan
tugasnya sebagai pengambil keputusan. Proses pengambilan keputusan yang
dilakukan manajemen kepegawaian adalah kegiatan yang berkaitan dengan
pemilihan alternatif pemecahan masalah dengan mempertimbangkan resiko dan
keuntungan yang terkandung di dalamnya berdasarkan informasi laporan
keuangan yang disusun akuntan intern, sedangkan manajemen kepegawaian
menggunakan informasi tersebut sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan
keputusan. Manajemen kepegawaian menerima laporan keuangan dengan tujuan
khusus dan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan seperti
laporan anggaran, laporan pertanggung jawaban dan laporan lainnya. | en_US |