dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara
kepentingan unsur-unsur pelayanan menurut pelanggan air minum di Kecamatan
Medan Amplas dengan efektivitas yang telah dilakukan oleh PDAM Tirtanadi
Cabang Medan Amplas. Kinerja yang dianggap efektif berarti memuaskan.
Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Cabang
Medan Amplas yang terletak di Jalan Panglima Denai No. 70 Medan, Kecamatan
Medan Amplas. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan
NAMA : TEGUH IMAM SANTOSO air minum di Kecamatan Medan
Amplas pada tahun 2007 berjumlah 8399 pelanggan yang terletak di delapan
kelurahan, sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 99 responden dengan
menggunakan nonprobability sampling. Jenis data yang dikumpulkan adalah data
primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari
pelanggan yang ditetapkan sebagai responden berupa jawaban terhadap
pertanyaan dalam kuesioner. Sedangkan data sekunder adalah masalah yang
diperoleh oleh pihak lain yang berkaitan dengan penelitian ini.
Dari hasil penelitian didapatkan adanya faktor yang menjadi prioritas
utama dan harus dilaksanakan sesuai dengan harapan pelanggan, yakni Kuantitas
air ( = 1). Kontuinitas air ( = 2 ). Menjelaskan produk yang ditawarkan ( = 3).
Kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam melakukan komunikasi tatap muka
secara langsung kepada pelanggan ( = 4). Kemampuan meyakinkan pelanggan ( =
5). Mengetahui keinginan pelanggan ( = 6). Menyelesaikan tugas dengan cepat ( =
7). Mengantisipasi keluhan ( = 8). Tingkat percaya diri dalam memberikan
pelayanan ( = 11). Faktor-faktor ini terdapat pada kuadran A.
Faktor-faktor yang terdapat pada kuadran B merupakan faktor-faktor yang
perlu untuk dipertahankan pelaksanaannya oleh perusahaan, karena sudah sesuai
dengan harapan pelanggan. Adapun faktor-faktor tersebut adalah Kejujuran
memberikan pelayanan ( = 12 ). Kualitas air ( = 13 ). Bertanggung jawab terhadap
keamanan dan kenyamanan pelanggan (= 14) Menghadapi keluhan pelanggan ( =
15). Memberikan pelayanan ( = 16). Mengurus administrasi ( =17). Etika dalam
memberikan pelayanan ( = 18). Memperbaiki kerusakan produk ( = 19).
Kuadran C merupakan faktor-faktor yang dinilai kurang penting oleh
pelanggan, akan tetapi telah dilakukan dengan cukup baik oleh perusahaan.
Faktor-faktor itu adalah Memberikan perhatian secara individu kepada pelanggan
( = 9) dan Menjalin komunikasi setiap saat kepada pelanggan terhadap masalah
yang timbul dari produk yang dikonsumsi ( = 10).
Kuadran D merupakan faktor-faktor yang pelaksanaannya dilakukan
dengan sangat baik oleh perusahaan, namun dinilai kurang penting bagi
pelanggan, sehingga terkesan berlebihan. Faktor yang termasuk dalam kuadran D
ini adalah “kemampuan menjaga nama baik perusahaan ( 20). | en_US |