dc.description.abstract | Pajak merupakan unsur penerimaan negara yang memiliki peranan penting
untuk kepentingan pembangunan dan pengeluaran pemerintah. Pelayanan yang
berkualitas diharapkan akan meningkatkan kepuasan wajib pajak sehingga
meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak dan
dampaknya terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Kantor
Bersama Samsat UPT Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif. Sifat penelitian ini adalah penelitian menjelaskan (explanatory).
Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling untuk mengambil data
100 responden yang merupakan wajib pajak yang terdaftar pada Kantor Bersama
Samsat UPT Tebing Tinggi. Metode analisis data mempergunakan Regresi Linier
Berganda untuk pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak dan
Regresi Linier Sederhana untuk pengaruh kepuasan wajib pajak terhadap kepatuhan
membayar pajak dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan nilai
koefisien determinasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak sebesar
0,805. Hal ini menjelaskan kemampuan variabel bebas {kualitas pelayanan :bukti
fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan,empati) terhadap variabel terikat {kepuasan
wajib pajak) adalah sebesar 80,5%, sedangkan sisanya 19,5% dijelaskan oleh variabel
lain yang tidak diteliti. Hasil uji secara simultan dan parsial menunjukkan kualitas
pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati
berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak. Berdasarkan hasil uji secara parsial
variabel kehandalan merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan
wajib pajak. Hasil penelitian pengaruh kepuasan wajib pajak terhadap kepatuhan
membayar pajak menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,513. Hal ini
menjelaskan besamya pengaruh variabel bebas {kepuasan wajib pajak) terhadap
variabel terikat {kepatuhan membayar pajak) adalah 51,3%, sedangkan sisanya 48,7%
dijelaskan oleh variabel lain yang tidal, diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan
wajib pajak dan kepuasan wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor. Kesimpulan akhir penelitian ini dapat
direkomendasikan sebagai masukan bagi pihak Kantor Bersama Samsat UPT Tebing
Tinggi. | en_US |