Analisa Pemanfaatan Fungsi Atm terhadap Peningkatan Pelayanan Nasabah pada Pt. Bni 46 (PERSERO) Tbk Medan
View/ Open
Date
2005Author
Hutajulu, Netty L.
Advisor(s)
Syarief, Iskandar
Metadata
Show full item recordAbstract
Dunia perbankan saat ini sudah sangat maju seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia. Kehidupan manusia yang sangat mobile pastilah menutut gaya hidup yang praktis dan cepat. Dengan terus berkembangnya otak manusia, inovasi yang terus bermuncular menyebabkan bertambah canggih teknologi tersebut. Malai Pelayanan perbankan yang baik dan memuaskan perlu dilakukan secara konsisten guna terbentuk citra perusahaan tetap terjaga dengan baik. Perusahaan jasa seperti PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk adalah bank BUMN yang relatif dinilai cukup baik karena dimasa krisis yang silam dapat bertahan dengan baik tanpa dilakukan merger dengan bank lainnya. Untuk menjadikan bank ini menjadi bank yang memiliki jangkauan dan fasilitas yang dapat dirasakan oleh nasabahnya maka PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berupaya memperluas jaringannya antara lain dengan memperbanyak jumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) diberbagai tempat yang strategis Dan sampai saat ini PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk telah memiliki lebih kurang 2300 unit ATM discluruh Indonesia. Dengan ATM ini diharapkan beberapa kendala terutama antrian yang sering terjadi antrian pada bagian teller dapat teratasi Adapun guna pemanfaatan ATM yang dilakukan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk guna lebih memberikan kepuasan pada nasabahnya. Dalam hal ini perlu dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi masalah yang didapati pada nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Jasa pelayanan ATM sudah memberikan kemudahan bagi nasabah dari sisi waktu, tempat dan kenyamanan. Sementara tingkat keluhan atau komplain yang ditemukan masih dikatakan cukup rendah karena tidak mencapai 1% perbulannya bila dibandingkan dengan total transakasi yang dilakukan pada mesin ATM dalam tempo satu bulanya. Penyebab utama yang mempengaruhi pelayanan ATM ada beberapa factor seperti aspek marketing yaitu pemahaman penggunaan ATM masih kurang, asek teknologi dan manajemen. Akhimya penulis berkesimpulan bahwa ATM merupakan salah satu produk pelayanan jasa perbankan yang berupaya memeberikan kemudahan sekaligus rasa aman kepada nasabahnya
Collections
- Undergraduate Theses [2630]