Show simple item record

dc.contributor.advisorBadaruddin
dc.contributor.authorNasution, Yohan Reza Pahlevi
dc.date.accessioned2022-11-30T09:02:05Z
dc.date.available2022-11-30T09:02:05Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/68056
dc.description.abstractMaraknya keberadaan lembaga kursus atau bimbingan belajar ini seiring dengan adanya kualitas kinerja dari lembaga formal seperti sekolah yang semakin rendah dalam meningkatkan ilmu dan pengetahuan bagi pesera didiknya sehingga peserta didik tidak merasa puas dengan ilmu yang hanya dia dapatkan dari bangku sekolah. Sebenarnya hal ini mengindikasikan bahwa sekolah saja tidaklah sanggup untuk mewujudkan pengembangan kapasitas dan jaringan sosial siswa. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektivitas fungsi lembaga pendidikan bimbingan belajar Primagama Simpang Kantor dalam pengembangan kapasitas siswa dan jaringan sosial siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan mendeskripsikan secara rinci dan mendalam tentang suatu fenomena sosial tertentu. Subyek penelitian adalah siswa-siswi yang berada pada kelas 6 SD, 3 SMP dan 3 SMA dan yang diambil adalah 60 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Primagama Simpang Kantor sudah berjalan baik dan efektif dalam pengembangan kapasitas siswa, hal ini terlihat dalam beberapa efektivitas dari beberapa aspek fungsi antara lain: peningkatan kecerdasan (intelegensi siswa) meningkatkan sikap aktif siswa, pengembangan bakat siswa peningkatan minat siswa dalam proses belajar dan peningkatan motivasi siswa Dalam fungsi pengembangan jaringan sosial siswa yang dilakukan Primagama Simpang Kantor juga terlaksana dengan baik dan efektif. Hal ini juga terlihat dalam beberapa aspek fungsi seperti peningkatan jaringan pertemenan siswa, pembentukan komunitas belajar bersama dan pembentukan kelompok alumni. Disarankan Bagi pihak Primagama Simpang Kantor yang bergerak dalam memberikan jasa pelayanan pendidikan bagi siswa yang ada di Medan Utara, agar dapat mempertahankan mutu sebagai lembaga bimbingan belajar yang terdepan dalam prestasi dan dapat mempertahankan fungsi pengembangan kapasitas dan jaringan sosial siswa nya yang sudah terlaksana dengan sangat baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectKapasitas Siswa dan Jaringan Sosial Siswaen_US
dc.titleEfektivitas Fungsi Lembaga Pendidikan Bimbingan Belajar dalam Pengembangan Kapasitas dan Jaringan Sosial Siswa (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Primagama Simpang Kantor Kecamatan Medan Labuhan)en_US
dc.identifier.nimNIM090901069
dc.identifier.nidnNIDN0025056802
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI69201#Sosiologi
dc.description.pages126 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record