dc.contributor.advisor | Badaruddin | |
dc.contributor.author | Nasution, Yohan Reza Pahlevi | |
dc.date.accessioned | 2022-11-30T09:02:05Z | |
dc.date.available | 2022-11-30T09:02:05Z | |
dc.date.issued | 2013 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/68056 | |
dc.description.abstract | Maraknya keberadaan lembaga kursus atau bimbingan belajar ini seiring dengan adanya
kualitas kinerja dari lembaga formal seperti sekolah yang semakin rendah dalam meningkatkan
ilmu dan pengetahuan bagi pesera didiknya sehingga peserta didik tidak merasa puas dengan
ilmu yang hanya dia dapatkan dari bangku sekolah. Sebenarnya hal ini mengindikasikan bahwa
sekolah saja tidaklah sanggup untuk mewujudkan pengembangan kapasitas dan jaringan sosial
siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektivitas fungsi lembaga pendidikan
bimbingan belajar Primagama Simpang Kantor dalam pengembangan kapasitas siswa dan
jaringan sosial siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan studi kasus yang
bertujuan mendeskripsikan secara rinci dan mendalam tentang suatu fenomena sosial tertentu.
Subyek penelitian adalah siswa-siswi yang berada pada kelas 6 SD, 3 SMP dan 3 SMA dan yang
diambil adalah 60 sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Primagama Simpang Kantor sudah berjalan baik
dan efektif dalam pengembangan kapasitas siswa, hal ini terlihat dalam beberapa efektivitas dari
beberapa aspek fungsi antara lain: peningkatan kecerdasan (intelegensi siswa) meningkatkan
sikap aktif siswa, pengembangan bakat siswa peningkatan minat siswa dalam proses belajar dan
peningkatan motivasi siswa Dalam fungsi pengembangan jaringan sosial siswa yang dilakukan
Primagama Simpang Kantor juga terlaksana dengan baik dan efektif. Hal ini juga terlihat dalam
beberapa aspek fungsi seperti peningkatan jaringan pertemenan siswa, pembentukan komunitas
belajar bersama dan pembentukan kelompok alumni.
Disarankan Bagi pihak Primagama Simpang Kantor yang bergerak dalam memberikan
jasa pelayanan pendidikan bagi siswa yang ada di Medan Utara, agar dapat mempertahankan
mutu sebagai lembaga bimbingan belajar yang terdepan dalam prestasi dan dapat
mempertahankan fungsi pengembangan kapasitas dan jaringan sosial siswa nya yang sudah
terlaksana dengan sangat baik. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Efektivitas | en_US |
dc.subject | Kapasitas Siswa dan Jaringan Sosial Siswa | en_US |
dc.title | Efektivitas Fungsi Lembaga Pendidikan Bimbingan Belajar dalam Pengembangan Kapasitas dan Jaringan Sosial Siswa (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Primagama Simpang Kantor Kecamatan Medan Labuhan) | en_US |
dc.identifier.nim | NIM090901069 | |
dc.identifier.nidn | NIDN0025056802 | |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI69201#Sosiologi | |
dc.description.pages | 126 Halaman | en_US |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |