Analisa Faktor-Faktor Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Usaha Makanan Mie Khas Aceh Titi Bobrok)
Abstract
Fluktuasi ekonomi Indonesia ternyata tidak mempengaruhi industri
makanan dan minuman. Jenis usaha tersebut masih berjalan dengan lancar karena
manusia membutuhkan makanan untuk meneruskan hidupnya dan makanan
merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dan tidak dapat dipengaruhi
oleh keadaan ekonomi.
Salah satu usaha makanan dan minuman adalah Usaha Makanan Mie Khas
Aceh Titi Bobrok yang berada di kota Medan, tepatnya berada di jalan Setia Budi.
Menu utama Usaha Maknan ini adalah Mie Aceh dimana mempunyai tiga jenis
menu yaitu rnie aceh kering, mie aceh setengah basah dan mie aceh kuah. Usaha
Makanan ini cukup terkenal, ini terbukti dimana tempat ini sering dipenuhi oleh
konsumen yang ingin makan di tempat ini,
Sampel yang diperoleh dengan menggunakan metode Non Random
Sampling dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan Judgement Sampling,
yaitu oerdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang ditemui oleh peneliti dan
dipandang cocok untuk dijadikan sebagai sampel, Data dari sampel diperoleh
dengan menyebarkan knesioner kepada konsumen, sehingga nantinya dapat
diketahui tingkat kepuasan konsumen dari faktor - faktor produk, harga dan
pelayanan yang mempengaruhinya. Selain itu pula dapat diketahui faktor
manakah yang paling dominan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen pada
Usaha Makanan Mie Khas Aceh Titi Bobrok.
Rumus linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPss for Window
12.0. Hasilnya menunjukkan ternyata pada Usaha Makanan ini faktor produk,
harga dan pelayanan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumennya dan faktor
yang paling dominan mempengaruhi adalah faktor produk dengan nilai t hitung
5.026 dan tingkat signifikan .000. Oleh karena itu Usaha Makanan Mie Khas
Aceh Titi Bobrok rni perlu 'mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk
yang dimiliki, Hasil ini juga bermanfaat bagi pengusaha yang ingin membuka
usaha yang sejenis.
Collections
- Undergraduate Theses [4402]