Analisis Sentimen pada Layanan Gojek Indonesia Menggunakan Multinomial Naive Bayes
View/ Open
Date
2018Author
Simanjuntak, Rosi Alfionita
Advisor(s)
Amalia
Gunawan, Dani
Metadata
Show full item recordAbstract
Ojek online telah merambah dunia transportasi di Indonesia. Terobosan baru yang
semakin diminati banyak orang ini, tidak hanya menyediakan transportasi angkutan
penumpang namun juga melayani jasa kurir untuk pemesanan makanan, jasa
pengiriman barang, dokumen, dan berbelanja. Banyaknya pelayanan yang diberikan
perusahaan ojek online, semakin banyak pula opini yang dilontarkan masyarakat
melalui twitter, mengenai kualitas dari setiap jenis layanan yang diberikan oleh
perusahaan ojek online. Opini yang memiliki sentimen tersebut akan dianalisis
sehingga dapat diketahui layanan mana yang mendapatkan sentimen positif, negatif,
dan netral. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah pendekatan yang dapat menganalisis
sentimen masyarakat terhadap kualitas dari setiap layanan ojek online. Pada penelitian
ini metode yang digunakan yaitu term frequency (tf) dan multinomial naive bayes.
Tahapan keseluruhan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
preprocessing (cleaning, case folding, tokenisasi, convert negation, stopword
removal, stemming, dan normalisasi), perhitungan frekuensi kemunculan kata (tf), dan
klasifikasi sentimen. Hasil dari penelitian ini adalah mengklasifikasikan tweet ke
dalam sentimen positif, negatif, netral dan mengetahui kualitas dari setiap jenis
layanan ojek online yang diambil dari sentimen positif-nya. Dengan menggunakan
algoritma dan metode ini, akurasi F-score yang didapat adalah 92%. Pendekatan ini
diharapkan akan sangat membantu pihak perusahaan ojek online untuk memperbaiki
kualitas dari setiap jenis layanan yang ada. Online ojek (a motorcycle public transport) are becoming popular nowadays in
Indonesia. This new innovation in demand, not only serves as a public transportation
but also serves order to deliver food, goods, documents and groceries. As the growing
number of costumers this service have, many comments are being made by the public
mainly in twitter (a social media). Generally, the comments are focused on giving
testimonies about the quality of service ojek provide. However, in order to filter the
sentiment comments give, an approach is needed by analyzing it. This research term
frequency and multinomial naïve bayes method are implemented to try to solve this
problem. Overall, the stages taken to fully implement the methods are preprocessing
(cleaning, case folding, tokenization, covert negation, stopword removal, stemming,
and normalization), words frequency count (tf), and sentiment classification.
Eventually, comments will be classified into three sentiment categories namely:
positive, negative and neutral. In addition, it will display the quality of every service
which ojek provides based on the positive sentiments. The F-score accuracy generated
when implementing the algorithm and method 92%. Hopefully, this approach will
help online ojek company improve their quality of service.
Collections
- Undergraduate Theses [765]