Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Prestasi Kerja Karyawan Relawan pada Pmi Cabang Medan
View/ Open
Date
2008Author
Simanjuntak, Supeno
Advisor(s)
Bengkel
Siregar, Hairani
Metadata
Show full item recordAbstract
Bencana alam merupakan peristiwa yang tidak diharapkan oleh setiap orang,
dan kapan terjadinya adalah hal yang sulit di prediksi, sebab fenomena ini merupakan
aktivitas alam yang tidak dapat diciptakan oleh manusia dan sekaligus tidak dapat di
hentikan oleh manusia. Di Indonesia pada beberapa tahun terakhir ini sering dilanda
bencana alam yang sporadis dan gradual mulai dari gempa yang menghasilkan
tsunami aceh-nias, tanah longsor di situbondo, lumpur lapindo, angin puting beliung
di langkat dan bencana alam lainnya. Belum lagi korban-korban konflik internal
Indonesia yang merenggut banyak korban jiwa, materi, kehilangan mata pencaharian
dan lain-lain. Dalam hal ini PMI pada umumnya dan PMI Cabang Medan khususnya
yang merupakan salah satu organisasi sosial kemanusiaan yang ada di sumatera utara
yang setiap saat memberikan pertolongan awal kepada korban bencana alam, korban
konflik bersenjata, dan sampai evakuasi korban kecelakaan darurat, dengan
memberikan bantuan baik berupa pertolongan pertama , evakuasi korban,
penampungan darurat/sementara dan sebagainya yang melibatkan karyawan relawan
PMI Cabang Medan yang menangani hal tersebut di atas. Agar pemberian pelayanan
tersebut lebih optimal maka diperlukan pendidikan dan pelatihan agar lebih
profesional dalam pelaksanaanya, yang akhirnya dapat meningkatkan prestasi kerja
dari karyawan/relawan PMI Cabang Medan itu sendiri. Dari uraian tersebut penulis
tertarik untuk menuangkan masalah kedalam bentuk skripsi dengan judul “Pengaruh
pendidikan dan pelatihan terhadap preastasi kerja karyawan/relawan pada PMI
Cabang Medan”
Metode yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini berupa metode
kuesioner untuk pengumpulan data dan uji validitas.
Dari hasil pengolahan data dan pembahasan, hasil diketahui terdapat adanya
hubungan antara variabel pendidikan dan pelatihan terhadap prestasi kerja, hal itu
dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment dengan taraf significan
5 %, n = 24 sebesar 0,426, sehingga didapatkan harga r hitung > dari harga r tabel atau
0,426 > 0,404. berdasarkan pengujian terhadap hipotesis penelitian , dinyatakan
bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesa alternatif (Ha) diterima, atau terdapat
adanya pengaruh aantara variabel pendidikan dan pelatihan terhadap variabel prestasi
kerja.
Collections
- Undergraduate Theses [1147]