Pemberdaayaan Anak Tunanetra Dalam Perawatan Diri ( di Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB)-A Karya Murni Medan Johor)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan terhadap anak- anak Tuna Netra dalam hal perawatan diri secara mandiri yang ada di SLB-A Karya Murni yang berada di jalan Karya Wisata No.06 Medan Johor Provinsi Sumatera Utara. Peneliti memilih lokasi ini sebagai tempat penelitian dikarenakan ketertarikan peneliti pada anak-anak Tuna Netra serta kerelevanan penelitian terhadap judul penelitian yang diteliti.
Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Obsevasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi dan melakukan wawancara mendalam dengan tidak tersetruktur. Pertanyaan tidak diajukan dengan menggunakan susunan pertanyaan tetapi disesuaikan dengan keadaan percakapan seperti sehari-hari dan bersifat santai agar memberikan kesempatan yang besar kepada informan yang akan ditanya serta wawancara spontan kepada informan. Wawancara dilakukan terhadap beberapa guru, kepala sekolah pengasuh, orang tua, dan anak Tuna Netra.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya SLB- A Karya Murni serta yang tinggal di panti asuhan khusus untuk anak Tuna Netra Ini Membuat anak-anak penyandang Tuna Netra dapat berdaya baik dalam hal perawatan diri sendiri secara mandiri yang sudah di beri pelatihan sejak dini dengan cara tersetruktur juga mengasah potensi dalam bakat dan kerja secara mandiri dengan memberi kegiatan sehari – hari pada anak Tuna Netra seperti berkebun dimana hasilnya akan di beri kan kepada mereka apabila sudah panen dan membuat kerajinan tangan, juga memberi pengajaran bagi mereka untuk dapat hidup bergaul dan menyesuaikan diri di dalam lingkungan sosial.
Collections
- Undergraduate Theses [939]