• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemberdaayaan Anak Tunanetra Dalam Perawatan Diri ( di Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB)-A Karya Murni Medan Johor)

    View/Open
    Fulltext (2.197Mb)
    Date
    2018
    Author
    Lestari, Ami
    Advisor(s)
    Tjut Syahriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan terhadap anak- anak Tuna Netra dalam hal perawatan diri secara mandiri yang ada di SLB-A Karya Murni yang berada di jalan Karya Wisata No.06 Medan Johor Provinsi Sumatera Utara. Peneliti memilih lokasi ini sebagai tempat penelitian dikarenakan ketertarikan peneliti pada anak-anak Tuna Netra serta kerelevanan penelitian terhadap judul penelitian yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Obsevasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi dan melakukan wawancara mendalam dengan tidak tersetruktur. Pertanyaan tidak diajukan dengan menggunakan susunan pertanyaan tetapi disesuaikan dengan keadaan percakapan seperti sehari-hari dan bersifat santai agar memberikan kesempatan yang besar kepada informan yang akan ditanya serta wawancara spontan kepada informan. Wawancara dilakukan terhadap beberapa guru, kepala sekolah pengasuh, orang tua, dan anak Tuna Netra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya SLB- A Karya Murni serta yang tinggal di panti asuhan khusus untuk anak Tuna Netra Ini Membuat anak-anak penyandang Tuna Netra dapat berdaya baik dalam hal perawatan diri sendiri secara mandiri yang sudah di beri pelatihan sejak dini dengan cara tersetruktur juga mengasah potensi dalam bakat dan kerja secara mandiri dengan memberi kegiatan sehari – hari pada anak Tuna Netra seperti berkebun dimana hasilnya akan di beri kan kepada mereka apabila sudah panen dan membuat kerajinan tangan, juga memberi pengajaran bagi mereka untuk dapat hidup bergaul dan menyesuaikan diri di dalam lingkungan sosial.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/7078
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV