Program Keuangan Inklusif pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara terhadap Masyarakat Pedesaan
View/ Open
Date
2016Author
Medina, Astri
Advisor(s)
Situmorang, Syafrizal Helmi
Metadata
Show full item recordAbstract
Di era teknologi seperti saat ini banyak sekali muncul inovasi dari layanan keuangan yang
bermanfaat bagi berbagai lapisan masyarakat.Sekitar tahun 2012Bank Indonesia meluncurkan
program Keuangan Inklusif dengan maksud untuk mendorong kegiatan ekonomi kelompok
masyarakat yang belum menikmati layanan keuangan.Inklusif yang diambil dari kata
inclusion yaitu ikut serta didalamnya atau yang termasuk dan yang tercakup didalamnya.
JadiKeuangan Inklusif (financial inclusion) adalah seluruh upaya yang bertujuan meniadakan
segala bentuk hambatan yang bersifat harga maupun non harga, terhadap akses masyarakat
dalam memanfaatkan layanan jasa keuangan (Departemen Pengembangan Akses Keuangan
dan UMKM BI, 2014:4) . Keuangan Inklusif ini merupakan strategi nasional untuk
mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pemerataan pendapaan, pengetasan kemiskinan
serta stabilitas sistem keuangan.
Collections
- Diploma Papers (Financial) [1696]