Peranan dan Fungsi Sekretaris Dalam Membantu Tugas Pimpinan pada Pt. Tor Ganda Medan
View/ Open
Date
2014Author
Novitasari, Novitasari
Advisor(s)
Sembiring, Beby Karina Fawzeea
Metadata
Show full item recordAbstract
Setiap perusahaan yang bergerak di bidang jasa maupun dagang memiliki
seorang pimpinan. Seorang pimpinan didalam perusahaan pasti sangat
memerlukan bantuan dari seorang sekretaris yang handal dan pfofesional guna
untuk membantunya dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang berkaitan dengan
ruang lingkup perusahaan.
Sekretaris itu sendiri adalah seorang petugas yang diberi kepercayaan
untuk menyimpan rahasia, kemudian mengurus surat keluar dan masuk kepada
tata usaha lainnya, seperti memelihara dokumen, telepon, membuat perjanjian,
sehingga sekarang sekretaris merupakan asisten yang membantu pimpinan dalam
segala hal agar pimpinannya dapat bertindak secara efektif dalam menunaikan
tugas-tugasnya (Acmad, 2007 : 18 )
Sekretaris pimpinan adalah orang yang bertugas membantu tugas
pimpinan. Seorang sekretaris harus selalu siap sedia membantu meringankan
beban pimpinan dan memecahkan persoalan dan mengambil keputusan tingkat
awal bagi kepentingan pimpinan. Seorang sekretaris merupakan perantara bagi
orang yang ingin berhubungan dengan pimpinan, ataupun sebaliknya dia juga
berfungsi sebagai pembina hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat
luar. Sekretaris merupakan pembantu pimpinan dalam memulai serta
menyediakan suatu pekerjaan, dalam melaksankan tugasnya seorang sekretaris
bekerja setiap hari tanpa memerlukan perintah, perhatian, ataupun pengawasan
khusus. Untuk melaksanakan tugas-tugas sekretaris yang begitu komplek,
diperlukan pengetahuan yang sangat luas mengenai tugas-tugas tersebut.
Sekretaris diharapkan bisa mengatasi kesibukan dan memecahkan kesulitan,
memberi semangat kepada pimpinan, menyederhanakan cara penyelesaian.