Tata Ruang Kantor pada Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara
View/ Open
Date
2010Author
Brahmana, Lani regina
Advisor(s)
Fachrudin, Khaira Amalia
Metadata
Show full item recordAbstract
Ditinjau secara fisik, kantor adalah suatu ruangan atau bagian dari suatu
bangunan tempat melaksanakan segenap pekerjaan kantor. Kantor juga
merupakan satuan organisasi yang berfungsi sebagai pusat pembagian pekerjaan,
penyusunan suatu hubungan pekerjaan sehari-hari yang terdiri dari staf dan
pegawai, biasanya dalam rangka membantu pekerjaan pimpinan. Tata ruang
kantor merupakan salah satu hal penting dalam memasuki sebuah perusahaan.
Dan sudah menjadi kebiasaan manusia bila memperhatikan sesuatu terutama
dilihat dari fisiknya. Pada setiap kantor tertentu terdapat setiap pimpinan yang
memegang wewenang dalam pekerjaan kantor. Pimpinan ini melakukan
koordinasi dan komunikasi sehingga semua petugas dalam kantor tersebut dapat
mencapai tujuan yang ditentukan.
Tidak semua perusahaan swasta maupun pemerintah memandang penataan
ruang kantor suatu hal yang penting. Kantor yang menyenangkan adalah tempat
yang tidak membosankan dan dapat menambah gairah kerja pegawai/karyawan
dalam rangka mendukung peningkatan mutu kegiatan perkantoran dan tercapainya
tujuan perusahaan, maka secara tidak langsung peran dan suasana kantor sangat
mendukung aktivitas kerja karyawan yang bekerja di kantor tersebut. Masih
banyak ruang kantor yang tidak teratur dan menghambat keefektifan kerja setiap