Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada PDAM Tirtanadi Medan
Abstract
Dalam kehidupan perekonomian dewasa ini, banyak perusahaan yang bersaing dalam memasarkan produknya. Karena itu setiap perusahaan yang membawa berbagai macam konsekuensi dalam memperkenalkan produk jasanya kepada konsumen. Dengan semakin banyaknya produk yang dihasilkan dan diperkenalkan oleh perusahaan maka akan mengakibatkan semakin besarnya. persaingan diantara mereka dalam merebut pelanggan sebanyak mungkin. Akibat persaingan tersebut maka setiap perusahaan tidak hanya memikirkan bagaimana menghasilkan produk mereka Didalam menetapkan strategi pemasaran yang akan dijalankan oleh suatu perusahaan harus dapat melihat situasi dan kondisi pasar serta menilai kedudukan dan posisi perusahaan di pasar. Oleh sebab itu manajer pemasaran harus dapat memilih dan mempergunakan salah satu alat pemasaran yang menyangkut kombinasi produk, harga, promosi, iklan dan saluran atau dalam ilmu marketing, yaitu marketing mix. Jika hal tersebut dapat dilaksanakan dengan baik tentu perusahaan tidak akan menjalani hambatan dalam melaksanakan produknya dan akan memperoleh posisi yang kuat untuk menghadapi persaingan yang ada.
Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Medan menyadari pentingnya menyusun strategi pemasaran. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa dalam penyediaan air bersih yang bertempat di Propinsi Sumatera Utara.