Prosedur Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Bagian Kepegawaian Fakultas Ekonomi Usu
View/ Open
Date
2010Author
Siregar, Dinar
Advisor(s)
Siregar, Dinar
Situmorang, Syafrizal Helmi
Metadata
Show full item recordAbstract
Proses pertukaran informasi yang cepat dapat membantu kelancaran
kegiatan administrasi didalam suatu organisasi baik swasta maupun pemerintah,
khususnya kegiatan administrasi yang berkaitan dengan aktivitas korespondensi.
Untuk mempercepat proses kegiatan pertukaran informasi penggunaan tekhnologi
komunikasi yang canggih sangatlah diperlukan di suatu organisasi. Meskipun
penggunaan tekhnologi informasi sangatlah diperlukan untuk mempercepat proses
pertukaran informasi didalam suatu organisasi baik swasta maupun pemerintah
akan tetapi masih terdapat alat komunikasi tertulis yang tidak dapat dilupakan
keberadaannya bahkan masih kokoh terpakai sampai saat ini seolah tidak dapat
digantikan kedudukannya oleh tekhnologi komunikasi yang ada. Komunikasi
tertulis yang dimaksud adalah surat. Surat adalah suatu alat atau sarana
komunikasi tertulis. Surat tidak dapat digantikan perannya di dalam kegiatan
suatu organisasi sekalipun dengan penggunaan tekhnologi komunikasi seperti
telepon, handphone, telex, radio, televisi, faximile bahkan dengan jaringan
informasi global seperti penggunaan internet yang dewasa ini sering kali
digunakan. Tekhnologi komunikasi hanya dapat dijadikan sebagai alat bantu
dalam proses penyampaian informasi dengan cepat.Sampai saat ini surat masih
dipandang sebagai alat komunikasi tertulis yang efektif dan efisien. Dengan
menggunakan surat, informasi yang akan disampaikan kepada
seseorang/organisasi sesuai dengan sumber aslinya, sehingga informasi yang ada
Universitas Sumatera Utara
didalam surat sifatnya jelas, akurat dan dapat menjadi alat bukti tertulis sewaktu waktu jika diperlukan. Penggunaan surat juga dipandang efisien sebab ongkos
pengiriman surat relatif lebih murah dibandingkan dengan penggunaan tekhnologi
komunikasi.