| dc.contributor.advisor | Juanita | |
| dc.contributor.advisor | Nasution, Amru | |
| dc.contributor.author | Purba, Ris Deasy | |
| dc.date.accessioned | 2022-12-08T06:04:10Z | |
| dc.date.available | 2022-12-08T06:04:10Z | |
| dc.date.issued | 2012 | |
| dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/71589 | |
| dc.description.abstract | Basically, a hospital is functioned to give satisfaction to patients. Health
workers ' service is very important in increasing patients ' satisfaction so that patients
will like to be treated in a hospital. If health workers ' service is not sufficient enough,
patients will not want to revisit the hospital. The management of a hospital should
provide facilities in order to support the health workers ' service. The aim of the
research was to anolyze the influence of heal.th workers ' service and hospital.
facilities on post-treatment decision in the inpatient wards of Sultan Sulaiman
General Hospital, Serdang Bedagai District. The research used a quantitative
approach with cross sectional study design. The population was 2072 inpatients in
Sultan Sulaiman General Hospital, Serdang Bedagai District, in 2011. 95 of them
were used as the samples, performed from June until July, 2012, using simple random
sampling technique. The data collected by using questionnaires and analyzed by
using univariate, bivariate (using chi square test at a=0. 05), and multivariate (using
multiple logistic regression tests at a=0.05).
The result of the respondent characteristics showed that 29 respondents were
the largest number of age group 25-43 (30.5%), 95 respondents lived in Serdang
Bedagai (100%), 54 respondents were male (56.8%), 35 respondents were High
School graduates (35%), and 27 respondents were farmers/laborers (28.4%) with
income per month around Rp. 1,500,000 - Rp. 2,000,000. Health workers' service
(doctors, nurses, medical supporting staffe, and non-medical supporting staffe) and
hospital facilities (building, equipment, sanitary, power, communication, and
security) had correlation with post-treatment decision in the inpatient wards. The
health workers' service which irifluenced post-treatment in the inpatient wards was
the service of doctors, nurses, and medical supporting staffs. The hospital facilities
which influenced post-treatment in the inpatient wards were equipment,
communication, and security.
It is recommended that Serdang Bedagai District Administration and the
management of the hospital should increase health workers' service and provide
good hospital facilities | en_US |
| dc.description.abstract | Rumah sakit pada dasarnya bertujuan memberikan kepuasan bagi pasiennya.
Pelayanan tenaga kesehatan sangat penting dalam meningkatkan kepuasan pasien dan
berdampak pada pasien yang akan menggunakan jasa rumah sakit untuk berobat.
Apabila pelayanan tenaga kesehatan kurang baik berdampak pasien tidak mau
menggunakan jasa rumah sakit untuk berobat apabila sakit. Ru.mah sakit juga
hendaknya memerhatikan fasilitas untuk mendukung pelayanan tenaga kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan tenaga kesehatan dan
fasilitas rumah sakit terhadap keputusan pascapemanfaatan ruang rawat inap Ru.mah
Sakit Umum Sultan Sulaiman Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross-sectional study. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di Ru.mah Sakit Umum Sultan
Sulaiman Kabupaten Serdang Bedagai pada tahun 2011 sebanyak 2072 orang.
Sampel penelitian ini adalah pasien yang dirawat inap di Ru.mah Sakit Umum Sultan
Sulaiman Kabupaten Serdang Bedagai selama bulan Juni - Juli 2012 sebanyak 95
orang dengan teknik simple random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan
kuesioner, dianilisis secara univariat, bivariat (menggunakan analisis uji chi square
dengan a= 0,05) dan multivariat (menggunakan uji regresi logistik berganda dengan a
= 0.05).
Hasil penelitian dari karakteristik responden, jumlah terbanyak pada
kelompok umur 25-43 tahun 29 orang (30,,5% ), bertempat tinggal di Serdang Bedagai
95 orang (100%), jenis kelamin laki-laki 54 orang (56,8%), pendidikan
SLTA/sederajat 35 orang (35,8%), pekerjaan petani/buruh 27 orang (28,4%) dengan
penghasilan per bulan sekitar Rp. 1.500.000 - Rp. 2.000.000. Pelayanan tenaga
kesehatan (dokter, perawat, tenaga penunjang med.is, tenaga penunjang non medis)
dan fasilitas rumah sakit (bangunan, peralatan, kebersihan, daya, komunikasi,
keamanan) berhubungan dengan keputusan pascapemanfaatan ruang rawat inap.
Pelayanan tenaga kesehatan yang berpengaruh terhadap keputusan pascapemanfaatan
ruang rawat inap adalah pelayanan dokter, perawat dan tenaga penunjang medis.
Fasilitas rumah sakit yang berpengaruh terhadap keputusan pascapemanfaatan ruang
rawat inap adalah fasilitas peralatan, komunikasi dan keamanan.
Disarankan agar Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dan pihak RSU
Sultan Sulaiman perlu meningkatkan pelayanan tenaga kesehatan dan menyediakan
fasilitas rumah sakit yang berfungsi baik | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
| dc.subject | Health Workers' Service | en_US |
| dc.subject | Hospital Facilities | en_US |
| dc.subject | Post-Treatment Decision in the lnpatient Wards | en_US |
| dc.title | Pengaruh Pelayanan Tenaga Kesehatan dan Fasilitas Rumah Sakit terhadap Keputusan Pasca Pemanfaatan Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sultan Sulaiman Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2012 | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nim | NIM107032047 | |
| dc.identifier.nidn | NIDN0023126204 | |
| dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI13101#Ilmu Kesehatan Masyarakat | |
| dc.description.pages | 180 Halaman | en_US |
| dc.description.type | Tesis Magister | en_US |