Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Pelatihan dan Pengembangan di Pdam Tirtanadi
Abstract
Salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan adalah kinerja dan
produktivitas karyawan.Setiap organisasi atau instansi dalam melaksanakan
program yang diarahkan selalu berdaya guna untuk mencapai tujuan
perusahaan.Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kinerja
karyawan.Strategy (strategi) adalah kerangka acuan yang terintegrasi dan
konfrehensif yang mengarahkan pilihan-pilihan yang menentukan bentuk dan
arah-arah aktivitas organisasi menuju pencapaian tujuan-tujuannya.Sedangkan
pengertian kinerja (prestasi kerja) merupakan hasil kerja secara kualitas dan
kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya
sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya (Mangkunegara,
2005:67). Kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan
karyawan sehingga mereka mempengaruhi seberapa banyak mereka memberi
kontribusi kepada instansi atau organisasi termasuk pelayanan kualitas yang
disajikan. Kinerja juga dapat dinilai terhadap perilaku yang diharapkan yang harus
ditentukan sebelumnya.