dc.description.abstract | Setiap perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran, baik produk maupun jasa selalu berupaya membina hubungan yang harmonis dengan pihak pelanggannya. Hal ini dikarenakan bagi suatu perusahaan pelanggan merupakan faktor yang amat penting, jelas sekali, sebab maju mundurnya suatu perusahaan ditentukan oleh pelanggannya.
Dalam rangka membina hubungan yang harmonis tersebut serta untuk melayani kepentingan publik pelanggan, suatu perusahaan harus dapat mengantisipasinya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan tanpa merusak sistem kerjasama (cooporation system) dan tujuan perusahaan yang telah ditentukan sebelumnya
External Public Relations merupakan salah satu bentuk dari kegiatan Public Relations yang dituju kepada pihak yang berada diluar instansi atau perusahaan yang merupakan penyelenggaraan komunikasi timbal balik antara perusahaan dengan pelanggannya, sekaligus turut menentukan sukses tidaknya perusahaan tersebut. Komunikasi timbal balik (two way traffic communication) ini dilanjutkan untuk menciptakan saling pengertian antara perusahaan dengan pelanggan, yang pada akhirnya diharapkan dapat membentuk citra baik (good image) perusahaan. Sekaligus opini publik yang menguntungkan bagi kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri.
Khususnya bagi perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran jasa kepada publik seperti PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I Medan, dimana peningkatan pelayanana kepada publik pelanggan hal yang sangat penting karena pelanggan memiliki | en_US |