dc.description.abstract | Kebenaran pernyataan mengenai “ kantor adalah orang-orang “, pada akhirnya
di pandang dari sudut manapun pekerjaan kantor dilaksanakan oleh, dengan dan
untuk orang-orang. Artinya manajemen perkantoran tidak mungkin dapat berjalan
dengan baik apabila tidak didukung dengan sumber daya manusia yang juga baik.
Kebenaraan fundamental tersebut bisa terlupakan oleh kita, akibat banyaknya
perhatian yang kita berikan kepada komputer, alat-alat perkantoran otomatis,
mesin-mesin, teori-teori baru mengenai manajemen perkantoran, analisa
sistematis, dan dekorasi perkantoran.
Begitu juga dengan efisiensi pekerjaan dan azas-azas yang terdapat
didalamnya, hal ini juga sangat penting untuk pelaksanaan aktivitas perkantoran.
Menurut Terry, efisiensi pekerjaan kantor adalah penggunaan common sense
secara terorganisir untuk menemukan cara-cara lebih mudah dan lebih baik guna
meniadakan pemborosan apapun juga termasuk pemborosan waktu, energi,
ruangan, bahan, alat-alat dan sebagainya. Sedangkan azas-azas efisiensi pekerjaan
kantor adalah azas-azas yang mempengaruhi perbandingan terbaik atau
rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan
serta sumber-sumber dan waktu yang dipergunakan (input). | en_US |