Peranan Disiplin Karyawan dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja pada PT Bisma Niaga Lestari Medan
View/ Open
Date
2009Author
Lubis, Noprina
Advisor(s)
Rini, Endang Sulistya
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada umumnya setiap perusahaan tidak terlepas dari masalah organisasi dan
koordinasi karena dalam mengatur tenaga kerja (karyawan) perlu disusun suatu
organisasi yang terkoordinir agar para karyawan dapat bekerjasama dengan baik
dan efektif. Mengingat manusia merupakan unsur terpenting dalam suatu
organisasi bahkan faktor manusia dapat merupakan faktor modal terpenting bagi
organisasi dan faktor manusia juga menjadi faktor utama kearah tercapainya
tujuan yang telah ditentukan perusahaan. Untuk itu pimpinan organisasi dituntut
untuk memenuhi keberadaan bawahannya, karena perilaku yang akan diwujudkan
cenderung diwarnai hakekat tujuan yang dicapai meskipun pada dasarnya yang
bersangkutan tidak selalu menyadari adanya ikatan antara tujuan organisasi yang
dituntut daripadanya.
Perwujudan perilaku karyawan dalam organisasi biasanya berupa tindakantindakan
yang mempengaruhi sikap dan tingkah lakunya dalam menjalankan tugas
yang diberikan kepadanya. Dalam kaitan ini, faktor disiplin dipandang sebagai
suatu aspek yang penting karena melalui disiplin ini dapat diciptakan kesadaran
dari setiap karyawan untuk dapat bekerja sama dengan baik dan efektif serta
karyawan dituntut memberikan kontribusi dan eksistensinya terhadap organisasi
dalam rangka mencapai tujuan organisasi.