Fungsi Sekretaris Dalam Upayamenghasilkan Kinerja yang Maksimal pada Badan Pengelola Keuangan Daerah (Bpkd) Kota Medan.
View/
Date
2016Author
Ananda, Zulvita
Advisor(s)
Sibarani, Magdalena LL
Metadata
Show full item recordAbstract
Menurut Waworuntu, dalam Saiman (2002:24), kata sekretaris yang biasa kita 
baca dan temui pada berbagai literatureberasal dari bahasa Latin yaitu kata 
secretarium yang mempunyai arti rahasia, secretarium atau secretaries yang 
mempunyai arti orang yang memegang rahasia. Sedangkan dalam bahasa 
Perancis, kata sekretaris disebut dengan secretarie yang mempunyai arti 
sekretaris. Dan dalam bahasa Inggris disebut dengan kata secretary yang berarti 
sekretaris.Jadi dapat diartikan tugas-tugas sekretaris tidak lepas dari kerahasiaan 
perusahaan. Ini disebabkan kebijakan awal yang akan dikeluarkan oleh pimpinan 
atau perusahaan sedikit banyak diketahui oleh sekretaris. Karena tugas sekretaris 
adalah membantu pimpinan dalam meringankan tugas-tugasnya. 
Peran sekretaris di era globalisasi semakin penting dan strategis. Sekretaris 
saat ini, tidak hanya berkecimpung dalam pekerjaan teknis administratif atau 
mendampingi dan melayani kebutuhan pimpinan saja. Lebih jauh dari itu, 
sekretaris sudah bertransformasi menjadi sosok yang multifungsi dan 
mempersentasikan organisasi maupun pimpinan. Peran-peran sekretaris 
konvensional yang bersifat administratif sebagian besar telah tergantikan oleh 
perangkat tekhnologi dan informasi. Sekretaris saat ini bukan lagi sebagai sosok 
yang diam dan hanya menerima perintah. Sekretaris sekarang ini telah berubah 
menjadi sosok yang profesional dalam bekerja, berkompeten dalam 
Universitas Sumatera Utara
keadministrasian kantor, cerdas dalam bekerja dan menjalin hubungan dengan 
orang lain, terampil dalam memberikan solusi, dan berorientasi untuk melayani 
seluruh pihak-pihak yang berkepentingan dengan organisasi.Untuk itu, sekretaris 
perlu dikembangkan dalam suatu program pengembangan sekretaris yang 
berkesinambungan. Seorang sekretarismenjadi simbol sebuah perusahaan tempat 
ia bekerja, karenanya seorang sekretaris haruslah memiliki keunggulan, keuletan 
dalam bekerja serta etiket-etiket atau kepribadian perusahaan yang baik.Apalagi 
dalam era global saat ini, dimana peran seorang sekretaris dituntut untuk menjadi 
partners, personal assistant, dan administrative assistant bagi pimpinan atau 
eksekutif atau direktur dalam melaksanakan perencanaannya sehari-hari.
