dc.description.abstract | Tata Kerja, prosedur kerja dan sistem kerja adalah suatu pernyataan
tertulis yang menguraikan pelaksanaan kerja, rangkaian tata kerja yang berkaitan
satu sama lain, fungsi, tugas- tugas, tanggung jawab, wewenang, kondisi kerja dan
aspek – aspek pekerjaan tertentu lainnya yang membentuk satu kebulatan pola
tertentu dalam rangka melaksanakan sesuatu bidang pekerjaan. Tata kerja
memberikan fakta-fakta yang menunjukkan cara – cara pelaksanaan kerja yang
seefesien mungkin atas suatu tugas dengan mengingat segi – segi tujuan,
peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang dan biaya yang tersedia. Prosedur
kerja yaitu rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga
menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus
ditempuh dalam rangka penyelesaian sesuatu bidang tugas. Dan sistem kerja
merupakan suatu rangkaian tata kerja dan prosedur kerja yang kemudian
membentuk suatu kebulatan pola tertentu dalam rangka melaksanakan sesuatu
bidang pekerjaan. Melalui tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja yang dibuat
dengan tepat, dapat dilakukan standarisasi dan pengendalian kerja dengan setepat
– tepatnya. Ide untuk mengadakan uraian tiap pekerjaan dalam suatu organisasi
sebagai dasar untuk dijadikan sebagai pedoman kerja. Beberapa jenis uraian
pekerjaan harus ada dalam pikiran setiap pimpinan. Ide mengenai uraian tata
kerja, prosedur kerja, dan sistematis kerja yang terinci, yang dibuat dengan
cermat, iktisar, kewajiban - kewajiban dan tanggung jawab-tanggung jawab dalam tiap pekerjaan yang disusun dengan baik sangatlah penting bagi kelangsungan
hidup suatu usaha. | en_US |