Penerapan Etika Komunikasi Dalam Kantor pada Departemen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara
Abstract
Komunikasi dipergunakan didalam organisasi, lembaga, maupun perusahaan.
Tujuan komunikasi dalam perusahaan mengajak semua anggota perusahaan peduli
untuk melakukan interaksi dengan sesama anggota dengan pihak luar. Kegiatan
komunikasi mempunyai peranan yang penting dalam memperlancar kinerja
kegiatan perusahaan secara intern dan ekstern dalam mencapai tujuan secara
efektif dan efisien. Maka etika dalam berkomunikasi sangatlah diperlukan guna
meningkatkan kinerja karyawan.
Menurut Purwanto (2003:25), komunikasi merupakan salah satu bidang yang
sangat penting dalam kegiatan perusahaan, yang mana pada hakikatnya
perusahaan merupakan sebagai kumpulan orang yang bersama-sama
menyelenggarakan kegiatan kantor atau kegiatan ketatausahaan. Suatu pekerjaan
diperusahaan itu dilaksanakan oleh orang-orang, dan ditujukan untuk kepentingan
orang-orang dimana kegiatan sangat ditentukan oleh aktifitas orang-orang yang
ada dalam perusahaan.