Fungsi dan Tugas Sekretaris di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara
View/ Open
Date
2017Author
Roberia, Yesika
Advisor(s)
Muchtar, Yasmin Chairunisa
Metadata
Show full item recordAbstract
(Sedianingsih, 2010 :28) Perkembangan teknologi yang semakin
berkembang dan alat- alat perkantoran semakin canggih yang dapat menggatikan
tugas dan fungsi sekretaris terus diperkenalkan setiap saat, tetapi sentuhan tangan
terampil dan buah pikiran cerdas seorang sekretaris tetap sangat diperlukan dalam
dunia organisasi. Seorang sekretaris harus selalu siap sedia membantu
meringankan beban pimpinan dan memecahkan persoalan dan mengambil
keputusan tingkat awal bagi kepentingan pimpinan.Seorang sekretaris merupakan
perantara bagi orang yang ingin berhubungan dengan pimpinan, atau sebaliknya
dia juga berfungsi sebagai Pembina hubungan baik antara perusahaan dengan
masyarakat luar.Sekretaris merupakan pembantu pimpinan dalam memulai serta
menyediakan suatu pekerjaan. Sekretaris diharapkan bisa mengatasi kesibukan
dan memecahkan kesulitan, memberi semangat kepada pimpinan,
menyederhanakan cara penyelesaian pekerjaan, serta mempercepat proses
penyesuaian pekerjaan sehingga bisa dicapai hasil yang diharapkan.
Phenomena kesekretariatan sebagai suatu profesi yang memiliki
permasalahan secara global yaitu kurangnya kemampuan sekretaris secara
profesional baik dari segi fungsi dan kurangnya peran sekretaris dalam
mempelancar tugas pimpinan dan dalam perkembangannya merupakan suatu
profesi yang sangat penting dan selalu diperlukan oleh setiap perusahaan baik
dalam ruang lingkup yang masih sederhana sampai kepada industri
Universitas Sumatera Utara
10
besar.Sekretaris harus mampu menangani pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya
secara baik sekaligus bertanggung jawab terhadap pekerjaan itu.Sekretaris sebagai
elemen dari sebuah perusahaan, bahkan sebagai tangan kanan atasannya sebagai
orang yang dipercaya untuk memegang rahasia dan membantu menyelesaikan
tugas atasanya tersebut.Untuk itu sekretaris harus memiliki ketrampilan atau
keahlian kerja (skill), mempunyai kepribadian yang menarik dan menguasai
pengetahuan yang ada kaitannya dalam fungsidan tugasnya sebagai sekretaris.