| dc.description.abstract | Berdasarkan tugas dan peranan seorang sekretaris disimpulkan bahwa 
sekretaris adalah orang yang bertanggung jawab mempersiapkan berbagai macam 
tugas dan pekerjaan yang berhubungan dengan clerical (ketatausahaan) dan 
administrasi perkantoran, agar perusahaan dapat menjalankan perusahaan nya 
dengan efisien dan lancar.Sekretaris merupakan pegawai yang bertugas 
memberikan bantuan kepada pimpinan dalam bidang pekerjaan ketatausahaan. 
Sekretaris juga membantu pimpinan dalam menyelesaikan pekerjaan pekerjaannya, dengan kata lain sekretaris adalah pembantu seorang pimpinan.
Sekretaris organisasi sering disebut dengan sekretaris instansi, business secretary 
atau executive secretary.Sekretaris mengepalai suatu sekretariat, berfungsi sebagai 
pimpinan, membawahi staf-staf lainnya, bertindak sebagai pimpinan dan 
melaksanakan kepemimpinan.Sekretaris organisasi mengetahui hal-hal yang 
menjadi rahasia perusahaan, yang sangat penting dijaga kerahasiannya.Menjadi 
sekretaris organisasi, tugas-tugas administratif dan clerical (ketatausahaan) 
bukanlah tugas utama yang harus dilakukan. | en_US |