Sistem Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara
Abstract
Di era globalisasi seperti saat ini, perkembangan ilmu dan teknologi dalam
bidang informasi dan komunikasi yang sangat pesat membawa pengaruh terhadap
seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organisasi. Semakin tinggi teknologi
komunikasi yang digunakan akan semakin mempercepat proses penyampaian
informasi. Proses pertukaran informasi yang cepat dapat membantu kelancaran
kegiatan administrasi didalam suatu organisasi baik swasta maupun pemerintah,
khususnya kegiatan administrasi yang berkaitan dengan aktivitas korespondensi.
Kegiatan komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara baik secara lisan
maupun tulisan. Salah satu komunikasi yang dilakukan dengan tulisan yaitu
melalui surat.
Surat adalah suatu alat komunikasi tertulis yang berasal dari satu pihak dan
ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan berita. Surat menyurat
merupakan sarana komunikasi utama dan amat penting dalam setiap kegiatan
organisasi. Surat tidak dapat digantikan seratus persen sebagai alat komunikasi
didalam suatu organisasi karena sampai saat ini surat masih dipandang sebagai
alat komunikasi tertulis yang efektif dan efisien